Simak! Begini Tradisi Unik Buka Puasa di Sejumlah Negara

redaksi - Rabu, 27 Maret 2024 17:29
Simak! Begini Tradisi Unik Buka Puasa di Sejumlah NegaraBerbuka Puasa selama 10 menit di Masjid Nabawi, Arab Saudi (sumber: Istimewa)

JAKARTA (Floresku.com) -Berbuka puasa selalu menjadi hal yang paling ditunggu oleh banyak orang Islam. Sebab, tradisi buka puasa juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga, dan teman-teman. 

Tradisi ini juga memiliki nilai-nilai kebaikan, seperti rasa syukur, kedisiplinan, dan pengendalian diri. Namun, Umat Islam dianjurkan tidak memakan menu buka puasa secara berlebihan, meski seharian menahan lapar dan dahaga.

Umat Islam di berbagai negara, mempunyai cara sendiri saat buka puasa. Masing-masing negara mempunyai keunikan tersendiri. 

1. Arab Saudi

Salah satu negara yang punya tradisi unik berbuka puasa adalah Arab Saudi. Arab Saudi memiliki beberapa tradisi unik, dari sebuah meriam besar yang selalu dibunyikan, hingga perubahan jam kerja.

Sebuah meriam besar yang dibunyikan saat waktu berbuka puasa tiba di kenal dengan nama Midfa Al Iftar Idrat. Meski sekarang sudah ada banyak alat yang lebih canggih, namun menggunakan meriam menjadi tradisi yang tidak ditinggalkan.

2. Mesir

Negara Mesir memiliki tradisi unik saat buka puasa, yaitu menyantap Kunafa, kue khas Mesir. Hidangan pencuci mulut ini memiliki cita rasa yang manis. 

Kunafa terbuat dari tepung gandum, dengan aneka isian. Kue ini biasanya diisi keju, krim, kismis, atau kacang.

3. Qatar

Sebagai negara muslim, Qatar tentu memiliki banyak tradisi saat bulan Ramadan tiba, salah satunya Garangaou. Ini merupakan festival khusus anak-anak di Qatar yang rutin diadakan setiap tanggal 13-15 di bulan Ramadan.

Penyelenggaraan Garangaou sendiri akan dilakukan setelah buka puasa. Anak-anak akan melakukan pawai sambil bernyanyi, kemudian berhenti di setiap rumah untuk meminta kue atau permen. 

Pakaian antara anak laki-laki dengan anak perempuan memiliki perbedaan. Anak laki-laki akan memakai baju hitam dengan rompi merah, sedangkan anak perempuan akan memakai pakaian tradisional Qatar, Dishdashas.

4. Jerman

Meski bukan termasuk negara muslim, Jerman juga memiliki tradisi unik saat buka puasa yang wajib anda ketahui. Buka puasa di Jerman akan didominasi oleh makanan khas Turki, seperti kalladsch, qata'ef, suus, hingga dschellab. 

Maraknya hidangan khas Turki saat berbuka puasa dikarenakan tingginya jumlah perantau asal Turki yang tinggal di Jerman. Jadi, tidak heran suasana Ramadan di Jerman kental dengan khas Turki.

5. Malaysia

Salah satu hidangan yang identik dengan buka puasa di Malaysia adalah Bubur Lambuk. Bubur ini terbuat dari campuran beras dan rempah-rempah pilihan, yang dilengkapi potongan daging dan udang kering. 

Menariknya, setiap tahun, panganan tersebut dibuat masyarakat Malaysia secara bergotong royong. Bubur yang sudah jadi akan dibagikan secara merata. 

6. Singapura

Bazar makanan berbuka puasa tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga di Singapura. Uniknya, pusat bazar diadakan di Sultan Mosque, sehingga bazar ini juga dikenal sebagai Ramadan Bazar Masjid Sultan. 

Ada banyak hidangan buka puasa yang dapat Anda jumpai di bazar ini. Harganya pun relatif terjangkau. (*)

 
 
 

RELATED NEWS