Inilah Makanan yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan Jantung

MAR - Senin, 14 Juni 2021 20:53
Inilah  Makanan yang Berdampak Buruk bagi  Kesehatan JantungDeretan makanan yang memperburuk kesehatan jantung (sumber: freepik.com)

JAKARTA  (Floresku.com) - Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu cara mempersiapkan investasi jangka panjang. Pasalnya, jika kesehatan tubuh kita terjaga, maka biaya untuk berobat bisa digunakan untuk keperluan yang lain.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kesehatan jantung. Menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular sangat penting untuk kelangsungan hidup Anda untuk tahun yang akan datang.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menghindari mengonsumsi makanan-makanan pemicu sakit jantung dan gangguan pada sistem kardiovaskular.

Seperti dilancir dari TrenAsia.com, berikut deretan makanan yang harus Anda hindari untuk menjaga kesehatan jantung, seperti yang telah dilansir dari WebMD.

Makanan dengan Gula, Garam, dan Lemak 
Seiring waktu, makanan yang mengandung garam, gula, lemak jenuh, dan karbohidrat dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Anda dapat mengganti konsumsi makanan tersebut dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang menyehatkan jantung, protein tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak.

Daging Merah 
Mengonsumsi terlalu banyak daging merah seperti daging sapi, domba, dan babi dapat meningkatkan peluang terkena penyakit jantung dan diabetes. Hal ini disebabkan karena daging merah tinggi lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol. Oleh karena itu, sebaiknya segera batasi konsumsi daging merah mulai dari sekarang.

Soda 
Minum dengan tambahan sedikit gula memang tidak berbahaya. Tetapi sekaleng soda mengandung lebih banyak gula tambahan daripada jumlah gula yang direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam sehari. Selain itu, mengonsumsi minuman bersoda cenderung menaikkan berat badan, meningkatkan risiko diabetes tipe 2, tekanan darah tinggu, dan penyait jantung.

Makanan yang Dipanggang
Makanan yang dipanggang atau dioven seperti cookies, kue, dan muffin memang enak, tapi tidak boleh sering dikonsumsi. Hal ini karena makanan tersebut menyebabkan penambahan berat badan dan mengandung kadar trigliserida yang tinggi sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung.

Nasi Putih, Roti, dan Pasta
Nasi, roti, pasta, dan makanan ringan yang terbuat dari tepung putih kehilangan serat, vitamin, dan mineral yang sehat. Biji-bijian olahan dengan cepat diubah menjadi gula, yang disimpan tubuh Anda sebagai lemak. Diet tinggi biji-bijian olahan dapat menyebabkan lemak perut, yang menurut penelitian terkait dengan penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

 

Bagikan

RELATED NEWS