Ratusan Desa Wisata akan Dibentuk untuk Dukung Destinasi Super Premium Labuhan Bajo

Redaksi - Sabtu, 20 Februari 2021 23:57
Ratusan Desa Wisata akan Dibentuk untuk Dukung Destinasi Super Premium Labuhan Bajodesa wisata di manggarai (sumber: 2021/02/1613739413599.jpeg)

Jakarta – Pemerintah mengharapkan munculnya ratusan desa wisata di Flores guna mendukung pengembangan Labuhan Bajo sebagai destinasi wisata super premium. Hal itu sekagus menegaskan rencana pembangunan pariwisata Flores yang berbasiskan komunitas lokal.

Hal itu dikemukakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf) Sandiaga Uno saat mengunjungi sebuah desa pasir Panjang di Pulau Rinca belum lama ini. “Kami akan menyiapkan pembentukan 200-an desa wisata di Manggarai Barat dan Flores guna untuk mendukung destinasi pariwisata super prioritas di Labuan,: ujarnya belum lama ini.

Menurut Sandi, kemajuan desa pariwisata harus melibatkan masyarakat dan  membuka seluas-luasnya lapangan pekerjaan bagi masyarakat di desa pariwisata itu sendiri. Lalu, destinasi super prioritas di Labuan Bajo juga harus mampu hadir untuk memberdayakan masyarakat,  dan desa wisata adalah konsep yang sangat relevan untuk menggerakan ekonomi rakyat.

Sandi juga menegaskan diperlukan penambahan pembangunan di desa yang dikunjungi dalam mendukung desa wisata, mulai dari tarian animal pop yang yang ditambah kearifan lokalnya. "Kalau untuk animal pop komodonya saya usul lebih banyak kearifan lokalnya kemudian nanti akan saya undang untuk tampil di Monas," ujar dia. 

Seperti diketahui, Sandiaga Uno melakukan kunjungan pertama ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada awal tahun ini guna memastikan persiapan dan pembangunan kawasan itu sebagai destinasi super premium sebagaimana yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Pada kunjungan pertama tersebut, Sandi melakukan pertemuan di Hotel Inaya Bay, Labuan Bajo, guna mengumpulkan gagasan dalam mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif bersama para komunitas dan pegiat ekonomi kreatif lokal. Selain itu, dia juga memetakan potensi ekonomi kratif yang dimiliki Labuan Bajo sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). (MAR)

 

 

RELATED NEWS