Anggota DPR RI Julie Sutrisno Bersama PTTEP Indonesia Bangun Sumur Bor di Adonara

redaksi - Kamis, 18 April 2024 18:02
Anggota DPR RI Julie Sutrisno Bersama PTTEP Indonesia Bangun Sumur Bor di AdonaraPenadaan sumur bor di Adonara (sumber: Paul Pemulet)

LARANTUKA (Floresku.com) - Anggota DPR RI dari Partai NasDem, Julie Sutrisno bersama PTTEP Indonesia membangun sumur bor untuk membantu warga petani di Adonara, Flores Timur.

Sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih serta menunjang aktivitas pertanian itu berlangsung di Desa Lewobunga, Kecamatan Adonara Timur sejak, Selasa 16 April 2024.

Tenaga Ahli Julie Sutrisno di Larantuka, Dion Fernandez, mengatakan PTTEP merupakan perusahan minyak nasional Thailand ikut mendukung pembangunan di Provinsi NTT.

Dion mengatakan, komitmen yang sudah berjalan selama ini di sektor kesehatan dan penyediaan infrastruktur sumber daya air.

Dia mengatakan, pembangunan sumur bor bantuan Julie Sutrisno bersama PTTEP itu diharapkan membantu sektor pertanian di Desa Lewobunga yang sebagian warganya hidup dari hasil menjual sayur.

"Pertanian menjadi sektor yang menjanjikan bagi perkembangan ekonomi di Lewobunga. Sebagian Masyarakat hidup dengan menjual sayur di pasar. Masyarakat belum bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk menghasilkan sayur karena keterbatasan air," katanya.

Dion menuturkan, Julie Sutrisno melalui 
Tenaga Ahli Jener Alison bersama Tim PTTEP telah melakukan survey pada bulan April 2023.

Tokoh masyarakat, Tokoh Adat, kepala desa, satu anggota DPRD Flotim, dan segenap masyarakat khususnya kelompok tani Eson Dore menyambut gembira pembangunan sumur bor tersebut.

Menurut tim teknis dari PT Thalweg, Awallul Syaban, hasil geolistrik menunjukkan lokasi survey di Desa Lewobunga memiliki potensi lapisan air tanah yang cukup besar.

"Hampir semua lintasan pengujian geolistrik mendeteksi keberadaan air," ujarnya.

Sebelum dibor dengan alat, warga setempat menggelar ritual adat. Mereka tampak ceria karena sumber air bersih sudah tersedia di depan mata.

Ketua Kelompok Eson Dore Desa Lewobunga, Boli, menyampaikan terima kasih kepada bunda Julie Sutrisno yang tak perhan berhenti membantu warga petani.

"Semoga sumur ini memberikan kontribusi lebih untuk kami. Kami akan tanam tanaman hortikultura, dan untuk ketersediaan air bersih kami siap berbagi dengan masyarakat desa tetangga," ujarnya.  (Paul Pemulet). ***

RELATED NEWS