10 Manfaat Konsumsi Singkong Rebus

Redaksi - Minggu, 19 Mei 2024 17:06
10 Manfaat Konsumsi Singkong Rebus 10 Manfaat Konsumsi Singkong Rebus untuk Kesehatan (sumber: ilustrasi/internet)

JAKARTA (Floresku.com)  - Mengkonsumi singkong rebus ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menjaga daya tahan tubuh  hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebab dalam 100 gram singkong rebus atau sekitar satu  potong singkong ukuran sedang, mengandung sekitar 190 kalori.

Selain itu singkong juga mengandung pati resisten, yakni salah satu jenis karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini lebih sehat karena tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah makan. 

1. Menjaga daya tahan tubuh
Singkong rebus mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat menjaga tubuh supaya tidak mudah sakit. 

Kandungan vitamin C dalam singkong rebus cukup tinggi, bahkan bisa memenuhi sekitar 25% kebutuhan vitamin C orang dewasa. 

Nutrisi ini penting karena dapat meningkatkan kinerja sel darah putih, yakni sel yang berfungsi untuk melawan infeksi di dalam tubuh.

Bila mengonsumsi singkong 3 kali sehari dan dipadukan dengan makanan lain yang kaya akan vitamin C, tentu kebutuhan vitamin C harianmu lebih mudah terpenuhi.

2. Menjaga kesehatan kulit
Singkong rebus kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri merupakan kunci penting dalam mewujudkan kulit sehat, lembap, dan kenyal. 

Vitamin C juga mengandung protein dan antioksidan yang mampu menjaga skin barrier dan mencegah penuaan dini pada kulit.

3. Melancarkan pencernaan
Singkong rebus mengandung karbohidrat kompleks dan prebiotik yang berperan sebagai makanan bagi bakteri baik di usus, singkong rebus sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan saluran cerna. 

Tak hanya itu, singkong juga kaya akan serat yang bisa melunakkan tinja, sehingga bisa mencegah dan mengatasi sembelit.

4. Mengendalikan kadar gula darah
Pati resisten dalam singkong rebus tak hanya baik untuk saluran cerna, tetapi juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam merespons insulin. 

Makin tinggi respons tubuh terhadap insulin, artinya makin baik pula kemampuan tubuhmu dalam mengendalikan kadar gula darah.

Singkong juga memiliki indeks glikemik yang rendah, malah jauh lebih rendah dari nasi putih. Singkong rebus tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang drastis setelah makan sehingga cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

5. Melawan radikal bebas berlebih
Paparan radikal bebas berlebih bisa memicu peradanganyang akan menyebabkan berbagai penyakit kronis, mulai dari penyakit jantung hingga kanker.
Singkong rebus mengandung vitamin C yang bisa melawan radikal bebas berlebih ini.

6. Menjaga kesehatan otak
Singkong rebus mengandung vitamin B, vitamin C, tembaga, serta berbagai antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

Kandungan serat pada singkong juga bisa menurunkan kolesterol dan menjaga aliran darah ke otak tetap lancar, sehingga otak akan senantiasa berfungsi dengan optimal.

7. Menurunkan risiko terjadinya sindrom metabolik
Sindrom metabolik merupakan sekelompok gangguan kesehatan yang terdiri dari beberapa gangguan, yakni hipertensi, kolesterol jahat (LDL) yang tinggi, trigliserida tinggi, kadar gula darah tinggi, dan obesitas.

Kondisi ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid dan serat, contohnya singkong rebus, serta rutin berolahraga. Namun, terkadang sindrom ini juga perlu ditangani dengan pemberian obat-obatan dari dokter.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Singkong rebus yang satu ini dipersembahkan oleh kandungan kalium di dalamnya. Kalium bisa menurunkan tekanan darah tinggi berkat perannya dalam meredakan ketegangan di pembuluh darah dan menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh. 

Akan tetapi, hindari mengonsumsi singkong rebus berlebihan, ya. Cukup 1 porsi saja untuk sekali makan. Kalau makan singkong rebus berlebihan, alih-alih terkontrol, berat justru bisa naik.

10. Menambah asupan gizi anak
Singkong rebus mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Jika ditambahkan dengan makanan sehat lain yang kaya akan protein dan lemak, singkong rebus bisa mendukung tumbuh kembang anak. (-)

Tulisan ini telah tayang di jatengaja.com oleh SetyoNt pada 19 May 2024 

Editor: Redaksi
Bagikan

RELATED NEWS