28 KPM Terima BLT DD Hewokloang Tahap 1 Tahun 2023

redaksi - Rabu, 29 Maret 2023 08:46
28 KPM Terima BLT DD Hewokloang Tahap 1 Tahun 2023 (sumber: null)

MAUMERE (Floresku.com)  -Sebanyak 28 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Hewokloang, Kecamatan Hewokloang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari anggaran dana desa (DD) tahap pertama tahun 2023, Selasa, 28 Maret 2023.

Babinsa Desa Hewakolang menyerahkan BLT DD kepada seorang warga, KPM Desa Hewakolang (Foto: Mardat).

Pjs Kepala Desa Hewokloang Martina Nona Balik kepada media ini menjelaskan 'total anggaran yang diterima hari ini  Rp 25.200.000. Ini jumlah penyerahan BLT DD selama 3 bulan dari Januari hingga Maret 2023 kepada 28 KPM setelah dilakukan  Musyawarah Validasi Data."

Lebih lanjut Nona menjelaskan bahwa 28 KPM tersebut sudah memenuhi Ketentuan mengenai PKM Nomor 7 Tahun 2022,. Menurut ketetuan tersebut kriteria KPM adalah sebagai berikut:

1. Keluarga Miskin yang berdomisili di Ds bersangkutan dan diutamakan untuk Keluarga Miskin Ekstrim  
2.Keluarga yg terdapat Anggota Keluarga Rentan Sakit Menahun/ Kronis
3.Keluarga dgn Anggota Rumah Tangga Tunggal Lanjut Usia 
4.Keluarga yg terdapat Anggota Keluarga di Fabel, Berdasarkan data P3KE yg kami terima dari DPMD" Jelasnya.

28 KPM Desa Hewakloang (Foto: Mardat).

Nona menambahkan, sebelumnya ada 38 Calon Keluarga Penerima Manfaat(KPM). Namun,  setelah diberi kesempatan untuk Musyawarah Validasi Data, ditemukan ada calon yang tak memenuhi kriteria KPM.

 “Dikarenakan ada yang tidak memenuhi syarat seperti berdomisili di luar desa, sudah mendapat/menerima bantuan lain berupa PKH, BPNT, dan Ketahan Pangan, maka yang berhak hanya 28 KPM,” urainya.

"Sebagai pejabat sementara Kepala Desa, saya berharap warga ata para KPM dapat menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Mudah-mudahan ke depannya kemiskinan ekstrim ini benar-benar tuntas karena itu adalah tujuan utama percepatan penurunan kemiskinan ekstrim," ujar Nona lagi.

Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) dihadiri juga oleh BPD, Babinsa Desa Hewokloang, PD Kecamatan Hewokloang, dan TA P3MD Kabupaten Sikka. (Mardat). ***

RELATED NEWS