Ada Webinar Flores Geothermal Island, Hari Ini, Pukul 14.00 WIB, Silahkan Bergabung!

redaksi - Rabu, 22 September 2021 11:04
Ada Webinar Flores Geothermal Island, Hari Ini, Pukul 14.00 WIB, Silahkan Bergabung!Webinar Flores Geothermal Islad, Rabu (22/9) Pukul 14.00 WIB (sumber: Panitia webinar)

JAKARTA (Floresku.com) - Wacana dan gerakan mendukung percepatan pengembangan panas bumi di Pulau Flores (Program Flores Geothermal Island) sudah bergulir sejak tahun 2019 lalu. 

Diketahui, pada Sabtu 12 Oktober 2019,  Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) bersama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Pemerintah Kabupaten Ngada menginisiasi gelaran forum bisnis di Kantor Bupati Ngada.

Gerakan ini memang perlu dan mendesak karena Pulau Flores sendiri memiliki potensi panas bumi yang besar dan tersebar di 17 lokasi dengan sumber daya 402.5 MWe dan cadangan 527 MWe.. 

Oleh karena potensi panas buminya yang besar itu, Pulau Flores ditetapkan sebagai Pulau Panas Bumi pada tanggal 19 Juni 2017 melalui Surat Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Sasaran penetapan Flores Geothermal Island adalah pemenuhan kebutuhan listrik dasar (baseload) di Pulau Flores dengan memaksimalkan potensi panas bumi serta pemanfaatan panas bumi secara langsung (direct use) sebagai peningkatan nilai tambah hasil pertanian, perkebunan, dan pariwisata. 

Sementara itu, Rasio Elektrifikasi (RE) di NTT baru mencapai 72% (Juli 2019) merupakan yang terendah di Indonesia karena RE Nasional sudah lebih dari 98,8%. Pertumbuhan industri pariwisata di NTT khususnya di Flores sangat cepat terutama setelah Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata prioritas sehingga perlu didukung dengan ketersediaan energi listrik.

Berkenaan dengan gerakan percepatan pembangungan energi baru terbarukan, Direktorat Jenderal EBTKE mengundang para pihak yang berkepentingan dan berminat untuk mengikut Zoom meeting, pada Rabu, 22 September mulai pukul 14.00 WIB. 

Topik Webinar:  "Flores Geothermal Island" : Peluang dan Tantangan Pengembangan Panas Bumi di Flores. 

Linknya: Join Zoom Meeting
https://us06web.zoom.us/j/4101790739?

Pass word=ZUJsVkJDa1RyWHpsRnNObEFTRGlXQT09

Webinar ini akan dimoderatori oleh wartawan senior Pieter P. Gero. Akan tampil sebagai pembicara antara lain Direktur Jendera EBTJE Dadan Kusdiana, Wakil Gubernur NTT Joseph Nae Soy, Akademisi dan tokok NTT Ignatius Iryanto Djou dan CEO PT Veritas Darma Satya (VDS), Valens Daki-Soo. (MAR) ***

 

Editor: Redaksi

RELATED NEWS