Aduh! Pater Olivier Maire, Provinsial SMM Perancis Dibunuh, RIP

redaksi - Senin, 09 Agustus 2021 22:20
Aduh! Pater Olivier Maire, Provinsial SMM Perancis Dibunuh, RIPPater Olivie Maire, Provinsial SMM Perancis (sumber: Istimewa)

PARIS Floresku.com)  — Seorang imam dibunuh Senin di sebuah kota kecil di Prancis barat dan tersangkanya adalah seorang pria yang telah ditampungnya selama berbulan-bulan, kata seorang pemimpin agama setempat.

Berita yang dirilis The Washington Post, pukul 10:37 pagi waktu Washington atau pukul 21.40 WIB nyaris berbarengan dengan pesan WhatsApp yang diterima oleh media ini dari seorang misonaris Monfrontan. 

Melalui alikasi WhatsApp itu, sang misonaris menulis, “Doakan kami teman-teman, Pater Oliver Maire, Pronvisnial SMM Perancis, meninggal dibunuh di komunitas St Laurent sur Serve. Pembunuhnya adalah orang yang sama membakar gereja Katredral Nantes.”

Menurut The Washintong Post, Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin mengkonfirmasi pembunuhan itu, menambahkan bahwa dia sedang menuju ke wilayah Vendee setelah “pembunuhan dramatis.”

Rincian lengkap dari pembunuhan itu, yang dilaporkan di kota Saint-Laurent-sur-Sevre, tidak segera tersedia.

Pers Prancis, mengutip polisi, melaporkan bahwa seorang pria menyerahkan diri, mengatakan bahwa dia telah membunuh seorang ulama Senin pagi. Media Prancis mengatakan tersangka adalah orang yang berada di bawah kendali pengadilan atas kebakaran di katedral Nantes abad ke-15 pada Juli 2020, yang menghancurkan organ dan menghancurkan jendela kaca noda.

Seorang senator konservatif untuk wilayah Vendee, Bruno Retailleau, mengatakan bahwa dia mengenal imam yang terbunuh itu dan mengidentifikasinya sebagai “Pastor Olivier Maire,” seorang pemimpin ordo Montfort.

Seorang sukarelawan gereja dari Rwanda yang mencari suaka politik mengaku telah membuat tiga kebakaran. Dia telah ditugaskan untuk mengunci katedral. Dia tidak dipenjara saat penyelidikan itu bergerak maju tetapi harus melapor ke polisi secara teratur.

 Di bawah ketentuan kontrol peradilannya, dia diajukan oleh komunitas agama di tempat imam itu dibunuh, BFMTV melaporkan, mengutip pejabat penegak hukum. (MAP/The Washington Post)

Kepala komunitas keagamaan Montfort, Santino Brambilla, mengkonfirmasi kepada BFMTV bahwa imam yang terbunuh itu telah menampung tersangka yang membunuhnya selama beberapa bulan.

“Ini adalah drama manusia, tetapi penderitaannya luar biasa,” kata Brambilla.

Tersangka adalah seorang pria, imigran Rwanda

Menurut Reuters, seorang imigran Rwanda masuk ke kantor polisi Prancis pada hari Senin dan mengatakan dia telah membunuh pendeta Katolik yang memberinya perlindungan sementara dia menunggu kemungkinan persidangan atas kebakaran di sebuah katedral tahun lalu, kata sumber resmi.

Pria berusia 40 tahun itu menyerahkan diri pada pertengahan pagi, kata seorang sumber yang mengetahui penyelidikan tersebut. Tak lama kemudian, polisi menemukan jasad imam di Saint-Laurent-sur-Sevre, di wilayah Vendee.

"Semua dukungan saya kepada umat Katolik di negara kita setelah pembunuhan dramatis seorang imam di Vendee. Saya menuju ke sana," tulis Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin di Twitter. 

Tidak ada indikasi langsung bahwa pembunuhan itu terkait dengan terorisme, seperti pembunuhan Paetor Jacques Hamel tahun 2016 ketika dia memimpin Misa di gerejanya di Saint-Etienne-du-Rouvray, di luar Rouen. Organisasi Negara Islam mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan itu.

Oktober lalu, seorang sakristan dan dua orang beriman ditikam sampai mati di dalam basilika di Nice, yang dikaitkan dengan seorang ekstremis Islam. (MA/dari berbagai sumber)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS