Agustinus Sarifin Berbagi Tips tentang Dunia Wirausaha kepada Ribuan Pelajar SMK Se-Kabupaten Nagekeo

redaksi - Kamis, 04 Mei 2023 21:54
Agustinus Sarifin Berbagi Tips tentang Dunia Wirausaha kepada Ribuan Pelajar SMK Se-Kabupaten NagekeoAgustinus Sarifin disambut di SMAK Negeri 1 Aeroma, Selasa, 2 Mei 2023. (sumber: Jivansi)

MBAY (Floresku.com) -  Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas),  Selasa, 02 Mei 2023, Agustinus Sarifin tampil sebagai pembicara  dan berbagi tips tentang dunia wirausaha kepada ribuan pelajar SMK se-Kabupaten  Nagekeo.

Acara tersebut berlangsung  SMK Negeri 1 Aesesa, Desa Aeramo, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo. 

Di hadapan ribuan siswa SMK Se-Kabupaten Nagekeo, Agustinus Sarifin menegaskan bahwa salah satu persoalan yang kini masih terlihat dan melekat dalam diri orang-orang kita adalah melihat dunia wirausaha sebagai dunia milik etnis atau kelompok tertentu saja. 

Hal ini, kata Agustinus Sarifin, seringkali membuat kita minder dan enggan untuk memulai dan memberanikan diri untuk terjun dalam dunia wirausaha. 

Kondisi ini, lanjutnya, diperparah ketika orang-orang kita lebih mengedepankan gengsi dan tidak mampu untuk membaca dan melihat serta memanfaatkan setiap peluang yang sebetulnya ada di depan mata. 

Dampak dari pola pikir yang ada bahwa orang-orang kita tidak akan memiliki kemajuan dalam dunia wirausaha dan bahkan membuat angka pengangguran kian bertambah.

“Kita harus ingat bahwa orang tua kita masing-masing telah bersusah payah membiayai kita. Bahkan, ada yang sampe menjual lahan demi membiayai kita. Alangkah celakanya ketika kita tidak bisa menyelesaikan sekolah dan pada akhirnya membawa beban baru untuk orang tua,” tandas bakal calon anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Oleh karena itu , Agustinus menambahkan,adik-adik wajib belajarlah dengan baik. 

"Ayo,  bersemangatlah  belajar, dan jangan pernah berpikir bahwa dunia wirausaha itu adalah milik etnis tertentu saja. Sebaliknya, dunia wirausaha  itu adalah milik kita bersama. Guru-guru kalian sudah mendidik kalian untuk pandai di bidang yang kalian pilih," ujarnya saat diberikan kesempatan untuk berbagi dengan para pelajar usai Apel Hardiknas.

Lebih lanjut, Alumnus IFTK Ledalero itu menyebutkan beberapa tips penting bagaimana menjadi wirausahawan yang sukses dan handal.

Pertama, soal kejelian dalam membaca peluang yang ada. Di sekitar kita, sebetulnya ada begitu banyak peluang yang bisa digarap. Dan peluang yang ada itu mesti dirancang mulai dari sekarang sehingga di kemudian hari bisa menjadi lebih produktif dan tidak menjadi beban baru bagi keluarga.

"Adik-adik sekalian juga bisa belajar dan melihat peluang sesuai keahliannya masing-masing, baik itu keahlian dalam bidang mesin, tata boga, jurusan perhotelan dan sebagainya. Bacalah peluang yang ada. Setelah kita membaca dan melihat dan mengetahui prosedurnya maka beranikanlah diri kalian untuk memulainya dari awal sampe akhir," ujarnya.

Kedua, bangun rasa percaya diri. Memiliki kepercayaan diri untuk terjun dalam dunia wirausaha.

“Dalam bidang otomontif, saya melihat bahwa ada kecenderungan dimana grafik otomotif di daratan Flores semakin meningkat. Karena itu, kita perlu melihat dan menyambut peluang dan kecenderungan ini dengan baik dan jeli,” ujarnya.

 "Selain itu, di bidang tata boga, adik-adik bisa melihat bahwa ada  begitu banyak rumah makan di daratan Flores. Namun anehnya, rumah makan itu kebanyakan bukan milik orang Flores. Karena itu kita mesti belajar dengan baik sehingga pandai di bidang masak. Mengapa mereka bisa, kita tidak?," ujar Agustinus lagi.

Ketiga, gunakan ilmu yang kita miliki dan belajar sama lawan bisnis yang sudah berhasil dalam dunia bisnis. 

Dan keempat, cari penasehat dalam bisnis. 

“Pengalaman jatuh  bangun di sebuah usaha itu biasa. Belajar dari pengalaman kehancuran, pengalaman dimana kita pernah gagal karena kegagalan adalah juga guru bagi kita,” ungkapnya.

“Jangan belajar dari orang yang tidak pernah terjun dalam dunia bisnis. Adik-adik sekalian juga bisa belajar dan melihat peluang sesuai keahliannya masing-masing, baik itu keahlian dalam bidang mesin, tata boga, jurusan perhotelan dan sebagainya. Bacalah peluang yang ada. Setelah kita membaca dan melihat dan mengetahui prosedurnya maka beranikanlah diri kalian untuk memulainya dari awal sampai akhir," ujar owner bengkel Sangkulerong Ruteng itu dengan nada menasehati. 

Mengakhiri sambutannya,  Agustinus menyampaikan harapannya agar para pelajar SMK yang ada di Kabupaten Nagekeo bisa menjadi pebisnis yang handal ke depannya.

“Saya sendiri adalah magister hukum tapi saya terjun ke dunia wirausaha yaitu dunia farmasi yang bukan bidang saya. Tetapi saya melihat bahwa ada potensi di sana yang kemudian bisa saya olah,” ujarnya.

"Mudah mudahan, kedepannya adik-adik SMK yang sempat hadir hari ini, menjadi pebisnis yang handal dibawa bimbingan para pendidik. Saya juga menyatakan di sini, saya siap untuk menjadi mitra SMK Se-Kabupaten Nagekeo dalam hal pendampingan siswa-siswi untuk ke dunia wirausaha," pungkasnya. (Jivansi). ***

RELATED NEWS