Anggota DPR Julie Laiskodat Salurkan Alsintan untuk Petani Flotim

redaksi - Sabtu, 02 September 2023 10:37
Anggota DPR Julie Laiskodat Salurkan Alsintan untuk Petani Flotim8 Kelompok tani di Flotim dapat bantuan traktor tangan dari anggota DPR Julie Laiskodat. (sumber: Chen)

LARANTUKA (Floresku.com) - Pada masa depan pekerjaan Laurensius Wato, petani asal Desa Adabang, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur  di ladangnya tentu semakin menjadi lebih mudah dan cepat. 

Pasalnya, pria dari Kelompok Tani Ta'an Sare itu mendapat bantuan  hasil aspirasi dari anggota Komisi IV DPR RI, Julie Sutrisno Laiskodat satu unit Traktor Gatra GT3 498.

Selain Ta'an Sare adal tujuh kelompok lainnya mendapat Hand Traktor dan alat pompa air.

Laurensius langsung menaiki traktor roda empat saat uji coba mesin di halaman depan Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Flores Timur, Jumat 1 Agustus 2023.

Ia bercerita, petani desa masih mengandalkan cangkul dan alat manual lainnya menggarap lahan padi dan jagung. Ia mengaku pekerjaan itu sangat menguras tenaga dan memakan waktu.

"Kami dari Poktan Taan Sare menyampaikan terima kasih banyak untuk bunda Julie Sutrisno Laiskodat. Ini sangat membantu karena selama ini kami masih pakai cangkul," ungkapnya.

Menurutnya, traktor besar itu akan digunakan bersama semua anggota kelompok, termasuk masyarakat di wilayah Pantai Utara, seperti nama 'Taan Sare' yang artinya bekerja dengan hasil baik.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Flores Timur, Sebastianus Kleden, mengatakan bantuan ini bagian dari upaya inovasi teknologi bidang pertanian.

"Upaya teknologi harus terus dikembangkan. Alat-alat ini bisa digunakan untuk lahan kering dan juga lahan basah," katanya.

Menurut Sebastianus, pihaknya selalu melakukan monitoring pada musim tanam dan panen, termasuk pemantauan terhadap bantuan alat pertanian.

Anggota Komisi B DPRD Flotim, Abdul Wahab Saleh, mengatakan bantuan alsintan ini hasil aspirasi Julie Sutrisno Laiskodat yang juga membidangi pertanian dan kelautan di DPR RI.

"Pesan selalu rawat, dan asas manfaatnya kembali kepada kelompok masing-masing," katanya. (*/Chen)

RELATED NEWS