Anggota DPR-RI Juliet S. Laiskodat Serahkan Bantuan Alsintan Untuk Lima Kelompok Tani di Kabupaten Ende

redaksi - Rabu, 19 Mei 2021 17:15
 Anggota DPR-RI  Juliet S. Laiskodat Serahkan Bantuan Alsintan Untuk Lima Kelompok Tani di Kabupaten EndeWakil Ketua DRPD Kabupaten Ende Erikos Emanuel Rede bersama Staf Dinas Pertanian Saat Menyerahkan Alsintan (Foto:Rian) (sumber: rian)

ENDE (Flores ku.com) - Anggota DPR-RI komisi lV Fraksi Partai Nasdem daerah pemilihan NTT l Juliet Sutrisno Laiskodat menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada lima kelompok yang yang tersebar di tiga Kecamatan,  di wilayah Kabupaten Ende.

Penyerahan bantuan Alsintan  oleh Juliet S. Laiskodat tidak dilakukakan secara langsung, melainkan diwakili oleh Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Ende bersama staf dinas pertanian Kabupaten Ende. Bantuan trsebut diterima langsung oleh para ketua kelompok dan anggotanya di depan Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Ende di Jalan Diponegoro, Ende, Rabu (19/05) siang.

Erikos Emanuel Rede yang juga adalah Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ende saat menyerahkan bantuan mewakili ibu Juliet Sutrisno Laiskodat mengatakan bahwa bantuan ini adalah hasil permintaan anggota kelompok tani yang disampaikan saat kunjungan reses berapa waktu .

"Ibu Juliet berpesan agar bapak-ibu pengurus kelompok harus mampu menjaga alat ini dengan baik serta menggunakan alat ini semaksimal mungkin", kata Erikos.

Jadi, lanjut Erikos,  permintaan bapak-ibu sudah dipenuhi, maka tugas bapak-ibu sekarang adalah menjaga Alsintan ini serta harus mampu memanfaatkannya sebaik mungkin untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. “Sebab,  yang dulunya kita masih pertanian tradisional sekarang kita sudah beralih menjadi petani moderen,” imbuh Erikos.

Sementara itu Jhoni Aba Kabid Tanaman Pangan Kabupaten Ende  mengatakan bahwa pengembangan produksi tanaman pertanian dimulai dengan menyusun perwilayah komiditas yang didasarkan atas potensi sumber daya yang tersedia, sehingga tercipta suatu keunggulan komparatif. Dengan demikian pembangunan tanaman pangan pokok seperti padi dan jagung, dapat meningkat.

“Kehadiran Alsintan ini sebenarnya sangat membantu para petani untuk mendapatkan hasil produksi yang baik dan bagus, tinggal bagaimana para petani mengolah lahan mempersiapkan benih dan menjaga dari serangan hama,” ujar Jhoni Aba.

Mansyur Toza,  Ketua Kelompok Maju Bersama Desa Wewaria yang menerima bantuan Alsintan (Mesin potong padi) menyampaikan terimakasih. “Kami berterima kasih banyak kepada ibu Juliet Sutrisno Laiskodat dan Partai Nasdem yang sudah membantu kami. Juga terimakasih kepada  pemerintah Kabupaten Ende yang selalu melakukan pendampingan terhadap kami para petani sawah,” ungkap Mansyur Toza.

Perlu di ketahui bantuan yang di serahkan oleh ibu Juliet Sutrisno  Laiskodat antara lain mesin pemanen multi komoditas (multi crops combine harvester)  untuk Desa Nduangenda,  satu buah mesin perontok padi multiguna ( power threser multiguna )  untuk Desa Nuamuri dan Desa Detubela,  sementara dua buah power phreser masing-masing untuk Desa Fataatu dan desa Kota Baru. (Rian)

RELATED NEWS