Apa Penyebab Kematian Pelé?

redaksi - Jumat, 30 Desember 2022 12:09
Apa  Penyebab Kematian Pelé?Pele (sumber: Twitter.com)

SAO PAOLO (Floresku.com) - Pelé meninggal pada 29 Desember 2022, di Rumah Sakit Albert Einstein di São Paulo, Brasil. 

Lalu, apa penyebab kematian Pelé? Penyebab kematian Pelé adalah kanker usus besar. 

Menurut American Cancer Society, risiko terkena kanker kolorektal seumur hidup adalah 1 dari 23 (4,3 persen) untuk pria dan 1 dari 25 (4 persen) untuk wanita. 

Organisasi tersebut memperkirakan 106.180 kasus baru kanker usus besar dan 44.850 kasus baru kanker dubur pada tahun 2022. 

American Cancer Society juga melaporkan bahwa kanker kolorektal adalah penyebab utama ketiga kematian terkait kanker pada pria dan wanita di Amerika Serikat dan penyebab kematian terbanyak kedua akibat kanker. penyebab umum kematian akibat kanker untuk pria dan wanita digabungkan. 

Organisasi tersebut juga memperkirakan bahwa kanker kolorektal diperkirakan menyebabkan sekitar 52.580 kematian pada tahun 2022. 

Selebriti lain yang meninggal karena kanker usus besar termasuk Audrey Hepburn, Chadwick Boseman, Eartha Kitt, dan Kirstie Alley.

Sebelum kematiannya, Pelé terbuka tentang kesehatannya. Pada tahun 1977, ia menjalani operasi untuk mengangkat ginjal kanannya setelah mengalami komplikasi akibat patah tulang rusuk. 

“Ginjalnya sudah lama diangkat, tubuhnya sudah terbiasa, itu sama sekali bukan masalah,” kata penasihat pribadi Pelé, Jose Fornos Rodrigues, kepada Associated Press pada 2014 setelah Pelé dirawat di rumah sakit karena infeksi saluran kemih. 

Rodrigues mengatakan kepada Associated Press pada saat itu bahwa Pelé berada di unit perawatan intensif yang menjalani perawatan ginjal "sementara", tetapi "jernih" dan bernapas serta makan secara normal tanpa dukungan apa pun. 

Untuk membantu infeksi, dokter memberikan perawatan ginjal intravena, sejenis hemodialisis untuk menyaring partikel limbah dari darahnya. 

"Satu-satunya (jenis) bakteri yang diidentifikasi sejauh ini sensitif terhadap antibiotik yang diberikan," kata Rumah Sakit Albert Einstein dalam sebuah pernyataan saat itu.

Infeksi terjadi dua minggu setelah Pelé menjalani operasi lain untuk mengangkat batu ginjal. 

Pelé didiagnosa menderita batu ginjal setelah ia harus membatalkan sebuah acara di Pelé Museum di Santos, Brazil, karena sakit perut. Operasi berhasil dan Pelé dibebaskan dari rumah sakit beberapa hari setelah prosedur. 

Pada 2012, Pelé menjalani operasi artroplasti pinggul total di pinggul kanannya. 

“Semuanya berjalan dengan baik, itu adalah operasi yang sangat sederhana. Dia mungkin akan pergi besok,” kata Rodrigues kepada Associated Press saat itu. Pelé menjalani operasi pinggul kedua pada tahun 2016. 

“[Pelé] memanfaatkan liburannya untuk menghabiskan waktu di New York bersama putri dan cucunya dan dia menjalani prosedur perbaikan kecil ini,” kata petugas persnya Pepito kepada Reuters pada saat itu.

Pada Desember 2017, Pelé difoto di atas kursi roda di Piala Dunia FIFA 2018.

Sebulan kemudian, tersiar kabar bahwa Pelé pingsan dan dirawat di rumah sakit. 

"Pada dini hari Kamis pagi, Pele pingsan dan dibawa ke rumah sakit di Brasil di mana dia telah menjalani serangkaian tes yang tampaknya menunjukkan kelelahan yang parah," kata Asosiasi Penulis Sepakbola dalam sebuah pernyataan saat itu. 

“Dia tetap mengonsumsi cairan sementara dokter memantau pemulihannya. Syukurlah, tidak ada hal yang lebih serius daripada kelelahan.”

Pelé dirawat di rumah sakit karena infeksi saluran kemih lainnya pada tahun 2019, dan menjalani operasi lain untuk mengangkat batu ginjal.

“Prosedurnya berhasil dan dia sudah berada di kamar, dalam kondisi umum yang baik dari sudut pandang klinis, menurut dokternya,” lapor Agencia Brasil saat itu. 

Pelé juga men-tweet pada saat itu, “Terima kasih atas semua cintamu! Antibiotiknya bekerja dan tesnya semua ☑. Saya merasa jauh lebih baik, saya pikir saya siap untuk bermain lagi!”

Pada Februari 2020, putra Pelé, Edinho, yang dia bagi dengan Rosemeri dos Reis Cholbi, mengungkapkan dalam sebuah wawancara di TV Globo bahwa ayahnya tidak dapat berjalan sendiri. 

“Dia malu, dia tidak ingin keluar, terlihat, atau melakukan apa pun yang melibatkan meninggalkan rumah,” kata Edinho saat itu. "Dia sangat pemalu, tertutup." 

Edinho menjelaskan bahwa kondisi Pelé disebabkan karena ia tidak melakukan fisioterapi yang diresepkan dokter setelah operasi pinggulnya. 

“Dia cukup rapuh. Dia menjalani penggantian pinggul dan tidak memiliki rehabilitasi yang memadai atau ideal,” kata Edinho. 

“Jadi dia memiliki masalah dengan mobilitas dan itu memicu semacam depresi. Bayangkan, dia adalah raja, dia selalu menjadi sosok yang mengesankan dan hari ini dia tidak bisa berjalan dengan baik.” (Sivial/Sumber: stylecaster.com) ***

RELATED NEWS