Apakah Anda Juga Dapat Bansos PPKM Level IV? Begini Cara Mengeceknya!

redaksi - Sabtu, 21 Agustus 2021 14:18
Apakah Anda Juga Dapat Bansos PPKM Level IV? Begini Cara Mengeceknya!Cara Mengecek Daftar Penerima Bansos PPKM Level IV (sumber: Istimewa)

JAKARTA (Floresku.com) - Pemerintah sedang menggulirkan program bantuan sosial bagi warga masyarakat yang terkena dampak PPKM Level IV.  Untuk bansos sendiri, dilansir dari Instagram @kemensosri menuliskan, pemerintah menyiapkan anggaran perlindungan sosial mencapai Rp 427,5 triliun.

Bantuan sosial akan terus diberikan untuk mengatasi kesulitan masyarakat di saat pengetatan mobilitas di masa pandemi. Meski demikian, yang berhak untuk menerima bantuan sosial ini adalah yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS).

Untuk mengetahhu apakah Anda termasuk dalam kelompok yang berhak menerima banso tersebut, pemerintah melalui Kementerian Sosial menyediakan website khusus. Berikut ini cara untuk melihat daftar penerima bansos:

  1. Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan alamat; Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan pada kolom isian
  3. Input nama lengkap sesuai KTP
  4. Setelah itu masukkan kode pada kolom
  5. Jika tidak jelas huruf kode, klik icon 'reload' untuk mendapatkan kode baru.        
  6. Ketikkan 8 huruf kode captcha yang tertera. Jika kode kurang jelas, klik icon "refresh" untuk mendapatkan kode baru; 
  7. Klik opsi "CARI DATA". Untuk diperhatikan, sistem dalam laman tersebut akan mencari nama PM sesuai dengan wilayah yang diinput.     Jadi perhatikan dengan baik, pastikan wilayah yang Anda masukkan sudah tepat. Jika Anda adalah salah satu orang yang menjadi penerima bansos, maka nama dan lokasi Anda akan muncul di hasil pencarian.  (MAR)
Editor: Redaksi

RELATED NEWS