Arus Penumpang di Pelabuhan Lorens Say Meningkat Pada Semester 1 Tahun 2023

redaksi - Jumat, 07 Juli 2023 07:43
Arus Penumpang di Pelabuhan Lorens Say Meningkat Pada Semester 1 Tahun 2023Daulat Apul Gervasius Naibaho, S.H. Kepala Kantor Cabang Pelni Maumere bersama tim manajemennya. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com)- Arus penumpang di Pelabuhan Lorens Say Maumere meningkat pada semester 1 Tahun 2023, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 lalu 

Kantor Cabang Pelni Maumere mencatat adanya kenaikan jumlah penumpang yang turun dari kapal laut di Pelabuhan Lorens Say sebanyak  28.743 Jiwa dan mengalami peningkatan  sebesar 35 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022 yang hanya, sebanyak 21.795 jiwa.

Sedangkan penumpang yang naik di pelabuhan maumere pada  semester I tahun  2023. Mengalami peningkatan sebanyak 34.216 jiwa, dan mengalami peningkatan sebesar 24 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022 yang hanya sebanyak  27.614 Jiwa

Daulat Apul Gervasius Naibaho, S.H. Kepala Kantor Cabang Pelni  Maumere kepada media ini menjelaskan: "Lonjakan ini disebabkan karena liburan panjang sekolah dan cuti bersama yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Pada liburan hari raya".

Arus penumpang tercapai dikarenakan meningkatnya jumlah penumpang Kapal Pelni terutama penumpang dengan tujuan Kupang dan Makasar dan lain-lainnya.

Adanya realisasi kunjungan kapal pesiar diawal tahun 2023 ikut menambah arus penumpang Maumere.

Apul juga menjelaskan" Jumlah kapal penumpang yg dioperasikan oleh PT. Pelni ada 26 kapal penumpang. Yang singgah di maumere ada 4 Kapal penumpang, KM. bukit siguntang, KM. Lambelu, KM. Umsini dan KM. Sirimau. Sedangkan penumpang terbanyak berasal dari Maumere, Ende dan Bajawa.

Kenaikan atau penyesuaian tarif Kapal Penumpang adalah 23 persen.  Yang melakukan penyesuaian tersebut adalah Regulator dalam hal ini Dirjen HubLa  sesuai dengan  PM Perhubungan Nomor 8 Tahun 2023.

"Sedangkan Kapal perintis yang dioperasikan PT. Pelni adalah 48 kapal, dan yang singgah di maumere hanya 1 yaitu KM. Sabuk Nusantara 85. Penyesuaian tarif peeintis adalah 100% , sesuai PM Perhubungan Nomor 7 tahun 2023"Jelasnya

General Manager Pelindo Regional 3 Maumere Erry Ardiyanto kepada media ini menjelaskan “dalam  Semester I Tahun 2023 ( Januari s/d Juni 2023)  Dipelabuhan Maumere sedang padat-padatnya penumpang Kapal Pelni."

"Adapun kelonjakan penumpang tahun ini adalah dikarenakan pandemi pada akhir tahun ini mulai meredah dan  telah usainya masa libur anak sekolah”, ujar Erry.

“Pelindo Cabang Maumere  bersama Kantor KSOP Maumere, KP3 Laut, Kantor Kesehatan Pelabuhan Maumere, selalu siaga di Pintu Gerbang Masuk Dermaga 3, dimana tempat sandarnya setiap Kapal Penumpang Pelni," ungkapnya.

Penumpukan penumpang terjadi dikarenakan jumlah penumpang  pelni  yang melonjak, selain itu juga dikarenakan adanya jadwal kedatangan kapal yang mengalami kemunduran,salah satunya yang di alami oleh KM.  Lambelu, dengan rencana awal tiba di Pelabuhan Maumere hari Sabtu   (01/07) dan mundur menjadi hari Selasa  (04/07) , keterlamabatan kedatangan kapal tersebut akibat  hujan angin  dan cuaca ekstrem dilaut.

PT Pelindo selaku operator Pelabuhan tidak berhubungan langsung dengan sistem pelayanan tiket, karena hal tersebut adalah domain dari operator pelayaran yaitu PT Pelni Cabang Maumere.

Petugas dari Pelindo berkomitmen memberikan kelancaran arus mudik  penumpang kapal pelni  dengan melakukan pengawasan di area terminal LorensSay -Maumere, serta dibantu juga dari stakeholder lainnya yang bertugas di pintu masuk dermaga 3.

Tentang PT Pelindo

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. 

Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia. 

Pelindo menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. 

Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat. (Mardat). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS