Atasi Kendala Publikasi UMKM di Indonesia, Penakita Operasikan Mitme.id

redaksi - Rabu, 08 Maret 2023 13:57
Atasi Kendala Publikasi UMKM di Indonesia, Penakita Operasikan  Mitme.idPlatform publikasi UMKM, Mitme.id, yang baru dioperasikan Penakita. (sumber: Penakita)

JAKARTA (Floresku.com) -  PT Kreasi Pena Indonesia (Penakita) mulai hari ini (Rabu, 8 Maret 2023) mengoperasikan  Mitme.id, sebuah platform publikasi pertama di Indonesia yang dikhususkan untuk membantu pengembangan bisnis Usaha Kecil Menengah (UMKM).

 Mitme.id sekaligus menjadi solusi dalam membantu eksposur kegiatan usaha, hingga pengenalan produk UMKM kepada target audiens dan pasar yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan usaha.

 “Platform Mitme.id menjadi solusi atas UMKM yang selama ini memiliki keterbatasan akses dan biaya dalam menjangkau media yang terpercaya dalam mensosialisasikan produk maupun kegiatan usaha kecil mereka yang tersebar di seluruh pelosok di Indonesia,” kata Indra Hardianto, CTO Penakita dalam siaran persnya kemarin.

 Indra menjelaskan, dengan adanya Mitme.id ini, akses UMKM ke media terpercaya tidak lagi menjadi milik perusahaan-perusahaan besar yang memiliki tim komunikasi yang juga dekat dengan media.

 “Ini adalah bentuk support kami bersama media-media di daerah dan nasional terhadap UMKM agar mampu bersaing dan sukses menjadi tuan rumah di negerinya sendiri,” tambah Indra.

 Fatma Kumala, Mitme Collaborator Partner, menambahkan kehadiran Mitme.id juga menjadi jawaban bagaimana peningkatan kompetensi UMKM dalam mengelola strategi komunikasi yang lebih baik lagi, dari kondisi saat ini yang masih didominasi aktivitas konvensional dan dari mulut ke mulut.

 “Mitme.id, juga menjadi strategi pengembangan model bisnis media yang menjadi partner kami dalam mendukung komunikasi UMKM di Indonesia,” kata dia.

 Saat ini, lanjut Mala, dari total 65 juta UMKM, sudah ada sekitar 20 juta UMKM yang sudah Go Digital. Hanya saja, tidak semua UMKM sudah menerapkan ekosistem digital secara penuh.

 “Deloitte Access Economics menyebutkan bahwa 36 persen UMKM Indonesia masih berkutat di pemasaran konvensional. Inilah salah satu yang menjadi fokus Mitme.id untuk dikembangkan potensinya, sehingga bisa memberikan dampak ekonomi yang lebih besar kepada pelaku usaha dan juga lingkungan bisnisnya”, tutup Mala. (*)

 

Editor: redaksi

RELATED NEWS