Bandara Kelas I Mopah Merauke Siapkan Posko Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru

redaksi - Kamis, 14 Desember 2023 13:58
Bandara Kelas I Mopah Merauke Siapkan Posko Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru (sumber: null)

KUPANG (Floresku.com) - Dalam rangka menyambut Natal 2023  dan Tahun Baru 2024  Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) kelas 1 Mopah Merauke akan melakukan kesiapan posko pengamanan dilokasi bandara.

Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan operasional penerbangan dan pelayanan pengguna jasa bandara selama Nataru, bandara kelas 1 Mopah Merauke telah menyiapkan sejumlah langkah, di antaranya berkoordinasi secara rutin dengan stakeholders terkait untuk memastikan kesiapan layanan dan infrastruktur, memperhatikan aspek keamanan serta mengoptimalkan personel posko di lokasi bandara.

Kepala Bandara kelas 1 Mopah merauke Thomas A. Edison melalui Kasi Pelayanan dan Kerja Sama, Blasius Basa S.sos,.M.M kepada awak media mengatakan akan melakukan persiapan pengamanan posko mulai tanggal 19 Desember 2023 sampai tanggal 3 Januari 2024 jelang tahun baru.

“Untuk persiapan jelang Natal dan Tahun Baru ini, kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak otoritas kemudian pelaksanaan nanti akan di adakan di posko terminal bandara, ” ucap Blasius, Selasa (11/12/2023)

Ditambahkan Blasius yang juga putera Flores, sesuai arahan dari Kemeterian Perhubungan bahwa, kegiatan persiapan posko Natal dan Tahun Baru di mulai dari persiapan tanggal 19 desember sampai dengan tanggal 3 januari

“Tentunya persiapan itu ada arahan dari pimpinan dan kami selaku pihak pelaksana. untuk itu, dalam waktu dekat kami akan buat jadwal melakukan Pembentukan posko dengan personil mitra TNI/Polri dan bersama pemerintah setempat, ” tutur pria yang pernah bertugas 3 tahun (2011-2014) sebagai  Kepala Tata Usaha Bandara  Ewer, Kabupaten Asmat itu.

Sebagai indormasi, armada yang beroperasi saat ini, selain Garuda dan Lion Air, juga ada Trigana, Smart Air, Susi Air dan Pesawat Misionaris Maff. 

Ia mengatakan untuk sarana dan prasarana aktivitas penerbangan di UPBU kelas 1 mopah merauke jelang nataru sementara masih aman lancar

“Saat ini, maskapai Lion Air setiap Flight mencapai 168 penumpang tiap 2 kali flight, begitu juga maskapai Garuda sehari 1 kali flight dimana jumlahnya bisa mencapai 136 penumpang, serta penumpang lanjutan lainya. adapun kesiapan Nataru ini mudah – mudahan ada penambahan Flight dari maskapai untuk bandara mopah, ”  jelas alumni SDK Malasera, Nagekeo, NTT. 

Berkaitan dengan perbaikan dan peningkatan daya dukung Runway termasuk marking di bandara kelas 1 mopah merauke,  Blasius lebih lanjut  mengungkapkan, target perbaikan dan peningkatan bandara dapat dicapai tepat waktu.

“Saat ini progres pekerjaan bandara mopah telah rampung dan sudah di PHO, seperti halnya pekerjaan pelapisan landas pacu, yang tujuanya menambah daya dukung serta memperbaiki permukaan Runway, dimana terdapat kerusakan berlubang dari STA 00 dari Runway 16 sampai STA 200, kemudian retakan yang memanjang yang kami perbaiki, ” ujar dia. 

Menurut dia,  dengan perbaikan Runway dan Lampu jalan, diharapkan dapat menunjang lancarnya penerbangan dalam hal keamanan dan keselamatan penerbangan.

“Untuk gangguan keamanan fasilitas bandara dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, masih saja terjadi dengan adanya pengrusakan terhadap lampu yang ada di landasan pacu. Saya berharap kepada warga di sekitar bandara untuk bisa menjaga fasilitas bandara, ” jelasnya. .

Editor: MAR
Tags lion airMeraukeBagikan

RELATED NEWS