Bangkai Kapal Romawi Berusia 2000 Tahun Ditemukan dengan Ratusan Guci Utuh di Lepas Pantai Italia

redaksi - Senin, 31 Juli 2023 06:08
Bangkai Kapal Romawi Berusia 2000 Tahun Ditemukan dengan Ratusan Guci Utuh di Lepas Pantai ItaliaRatusan gucih yang ditemukan dalam bankai kapal kuno Romawi di lepas pantai Italia. (sumber: www.businessinsider.com)

CIVITAVECCHIA -ITALIA (Floresku.com) - Bangkai kapal kargo Romawi berusia 2.000 tahun ditemukan di lepas pantai Italia pada hari Jumat dalam apa yang digambarkan oleh para arkeolog sebagai penemuan "luar biasa".

Kapal, yang berasal dari abad kedua atau pertama SM, ditemukan sarat dengan ratusan guci terakota Romawi kuno, juga dikenal sebagai amphorae.

Organisasi berita Italia La Repubblica menyatakan bahwa kapal itu mungkin datang dari Spanyol, membawa muatan zaitun, minyak zaitun, anggur, persik, dan buah ara.

Divisi warisan budaya polisi Carabinieri menemukan bangkai kapal di dekat Kota Civitavecchia, sekitar 50 mil sebelah utara ibu kota Italia, di dasar laut berpasir sedalam sekitar 160 meter (525 kaki). 

Carabinieri mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Penemuan luar biasa ini merupakan contoh penting dari tenggelamnya kapal Romawi yang menghadapi bahaya laut dalam upaya mencapai pantai, dan menjadi saksi rute perdagangan maritim kuno."

Mereka menambahkan bahwa otoritas lokal mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menjaga dan melindungi situs arkeologi tersebut.

Kapal itu kemungkinan besar adalah bagian dari Cura Annonae, badan Romawi kuno yang bertugas mengimpor dan mendistribusikan biji-bijian ke penduduk kota Roma.

Garis pantai Mediterania Italia dihiasi dengan bangkai kapal Romawi. 

Tahun lalu, para arkeolog menemukan bangkai kapal serupa yang berumur hampir 2.200 tahun penuh dengan guci yang digunakan untuk mengangkut makanan di lepas pantai Palermo, Sisilia. (Sumber: www.businessinsider.com)***

RELATED NEWS