BBKP Surabaya Musnahkan Ratusan Ekor Burung Asal Ende, NTT

redaksi - Rabu, 31 Maret 2021 20:03
BBKP Surabaya Musnahkan Ratusan Ekor Burung Asal Ende, NTTBBKP Surabaya (sumber: null)

SIDOARJO (Floresku.com) - Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya memusnahkan ratusan ekor burung berbagai jenis asal Ende, Nusa Tenggara Timur. Pemusnahan burung-burung untuk mencegah penularan penyakit terhadap satwa unggas lainnya, setelah teridentifikasi positif mengidap avian influenza (AI).

Kepala BBKP Surabaya Musyafak Fauzi mengemukakan, dari tangkapan polisi air dan udara, Kepolisian Daerah Jawa Timur, saat diserakan ke BBKP Surabaya, diketahui 143 ekor burung sudah dalam keadaan mati. Dua jenis burung di antaranya, yaitu burung Bimoli atau Kancilan Emas dan Tledekan,  teridentifikasi positif iavian nfluenza. 

“Empat jenis burang lain, walau pun tidak terinfeksi, namun karena ditempatkan dalam satu kandang maka ikut pihak BBKP pun memusnahkkannya,”ujar Fauzi sebagaimana disiarkan https://www.antaranews.com/video.

“Pemusnahan merupakan bagina dari kebiajakan karantian, yang disebut dengan “Tindakan 8 (Depalan) P”, yaitu Pemeriksaan,  Pengasingan, Pengamatan,  Perlakuan,  Penahanan, Penolakan, Pemusnahan, dan Pembebasan,” pungkas Fauzi (MLA)

RELATED NEWS