Belum Pernah Tahu Soal Keindahan Pulau Morotai? Simak Cerita Berikut Ini!

redaksi - Rabu, 25 Mei 2022 10:55
Belum Pernah Tahu Soal Keindahan Pulau Morotai? Simak Cerita Berikut Ini!Pesona wisata Pulau Morotari, Maluku Utara (sumber: www.tic.wonderin.id)

MOROTATAI (Floresku.com) - Setelah lebaran tahun 2022 ini, ada yang megah dan meriah dari Provinsi Maluku Utara. Acara akbar yang ditunggu-tunggu itu adalah ‘Tokuwela Morotai Festival’ yang  diselenggarakan di Kabupaten Pulau Morotai pada tanggal 14 Mei 2022 secara hybrid

Bertempat di Ex-Sail Juanga, acara puncak Tokuwela Morotai Festival ini mengajak para wisatawan untuk mengenal wisata bahari, budaya, dan sejarah Pulau Morotai. 

Tema yang diusung adalah “Bersama Kita Bangkit Menjadi Morotai yang Mandiri, Maju, dan Sejahtera”.

 Selain penampilan budaya yang menggelegar, ada juga banyak rangkaian kegiatan seru lainnya di Tokuwela Morotai Festival tahun ini. 

Salah satunya adalah pegelaran kesenaian kolosal yang melibatkan 1.500 partisipan yang akan menampilkan beragam jenis kesenian tradisional.

Masyarakat berbagai rentang usia, suku, dan etnis yang berasal dari seluruh kampung juga desa di Pulau Morotai sangat antusias ikut serta, lho! 

Makanya, mereka menggelar atraksi budaya dan tarian kolosal khas Pulau Morotai seperti tari dana-dana, lalaweda, soya, saloi, dan masih banyak lagi. 

Yang paling seru adalah acara gandeng tangan yang dilakukan orang dewasa, di mana anak-anak desa atau pengunjung akan berjalan di atas gandengan tangan tersebut. 

Ditambah, musik merdu yang memadukan musik Kristiani dan budaya Islam juga menambah kesakralan festival ini.

Spot Unik di Pulau Morotai

Belum pernah atau ingin pergi liburan lagi ke Pulau Morotai? Tenang aja, ada banyak spot yang  bisa Anda jadikan tempat bertamasya dan mencari inspirasi.

Betapa tidak, kepermaiaan Pulau Morotai dan pulau-pulau keci di sekitarnya memang tiada habisnya! 

Bisakah kamu menebak kira-kira harta karun tersembunyi mana yang belum kamu ketahui? Yuk, mari kita cari tahu lebih jauh!

Pulau Morotai menyimpan berbagai macam pantai yang cantik dan titik selam yang menarik. Kota terbesar di sini adalah Daruba yang berada di bagian utara. 

Dari Daruba, Sobat Pesona bisa menjelajah beberapa berapa pantai yang sungguh memesona di sekitar Morotai, seperti Pulau Dodola di barat daya, Pantai Gorango di timur laut, Pulau Kokoya di barat laut,  Pulau Tabailenge di bagian timur, serta Pantai Rorasa yang juga berada di bagian timur Pulau Morotai.

1.  Bersantai di pantai pasir putih Tanjung Gorango 

Ini dia nih salah satu surga tersembunyi Morotai, Pantai Gorango di Tanjung Gorango. 

Kalau kamu datang ke pantai ini, coba untuk datang ke bagian sebelah kirinya. 

Di sini, kamu bisa menemukan laguna bak surga yang airnya menjorok ke laut dengan warna air laut hijau toska bening, serta bebatuan, bongkahan-bongkahan karang, dan tebing yang estetik. 

Saat air surut, maka pasir putih pantai ini akan terlihat jelas dan memesona. Di pantai ini pun terdapat beberapa pondok kecil yang bisa digunakan untuk makan siang bersama keluarga. Wah, kamu wajib ke sini, ya!

2.  Island Hopping ke Pulau Kokoya 

Yang tak kalah ciamiknya pasir putih Tanjung Gorango  adalah beberapa pantai di pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Morotai seperti  Pulau Dodola dan Pulau Kokoya. 

Pulau-pulau kecil ini wajib kamu masukkan ke dalam bucket list kalau kamu penyuka island hopping. Pulau tak berpenghuni yang berbentuk seperti biji kacang mete ini memiliki pasir putih yang terang dan bersih. 

Pulau ini juga dikelilingi terumbu karang yang estetik. Kamu bisa coba snorkeling atau berenang di pulau ini karena airnya yang jernih. Nah, untuk mencapai pulau ini cukup mudah, lho! Kamu bisa naik speedboat sekitar 30 menit aja dari Kota Daruba!

3. Teluk Kao

Selain tempat-tempat elok tersebut,  di kawasan Pulau Morotai  juga terdapat berbagai macam peninggalan dari Perang Dunia ke-2, seperti patung Jenderal Douglas MacArthur yang berdiri kokoh di atas Pulau Sum Sum tak jauh dari Daruba, mengingatkan generasi yang akan datang tentang Jenderal ternama yang satu ini.

Di dekat Teluk Kao di sekitar Halmahera juga terdapat sebuah bangkai kapal perang Jepang yang bernama Tosimaru dan dapat terlihat dari kejauhan. Rumah berisikan memorabilia Perang Dunia ke-2 yang di koleksi oleh masyarakat setempat juga ada di sini, tepatnya di Museum Morotai.

4.  Menjelajahi situs kapal karam di Pantai Rorasa 

Seolah tak pernah pudar, sebagai salah satu lokasi markas tentara Jepang dan Amerika Serikat, kamu masih bisa menemukan situs kapal karam di salah satu pantai di Morotai, yaitu Pantai Rorasa. 

Kapal karam ini bisa kamu temukan dengan melakukan aktivitas wreck diving. Selain pasir yang putih, di pantai ini juga ada terumbu karang besar berbentuk tempurung kura-kura dengan lubang di bawahnya. 

Letaknya tepat di bibir pantai, dan di atasnya ditumbuhi oleh semak-semak belukar. Pantai ini terletak di sekitar Desa Buho Buho dan berjarak sekitar 38 km dari Desa Daruba.

Kuliner

Menjelajahi surga tropis belum cukup rasanya kalau belum diiringi oleh santapan khas sekitar Morotai. Beberapa kuliner khas Morotai yang patut dicoba di antaranya adalah nasi jaha, salah satu hidangan yang terbuat dari campuran beras, santan kelapa, dan bumbu yang dibakar dan dibalut dengan daun. 

Coba juga segarnya tangkapan laut sekitar ditemani oleh nikmatnya papeda. Bagi para pecinta makanan pedas, jangan khawatir! 

Di sini ada hidangan pedas yang bernama gohu ikan, diolah dari ikan yang dibumbui dengan garam, tumisan bawang, dan cabai.  

sepiring gohu ikan

Beberapa kudapan juga tersedia di sini untuk menemani waktu perjalanan Sobat Pesona, di antaranya adalah kue bagea, kue wajik, kue halua kacang, roti panggang kenari, juga pisang goreng khas Morotai.

 Cara Menuju Pulau Morotai

Ada dua cara yang bisa ditempuh Sobat Pesona untuk mencapai pulau yang istimewa ini, yaitu melalui jalur laut atau jalur udara:

●     Jalur Laut: Jalur laut adalah salah satu metode yang paling aman dan pasti buat Sobat Pesona untuk mencapai Pulau Morotai. Caranya adalah dengan menaiki kapal pesiar atau kapal layar dari pelabuhan di Ternate atau Manado.

●     Jalur Udara: Kalau Sobat Pesona ingin melewati jalur udara, landasan udara terdekat berada di Pulau Ternate. Ketika sudah sampai di sana, Sobat Pesona harus berjalan ke Tobelo di Halmahera Utara terlebih dahulu, sebelum menaiki kapal feri ke kota Daruba di Pulau Morotai. Perjalanan lautnya kurang lebih memakan waktu 2 jam.

Nah, sekarang Sobat Pesona sudah lebih kenal dekat 'kan dengan Pulau Morotai?

Yuk, segera ajak teman atau keluargamu dan pantau terus akun instagram dan kanal Youtube nya, ya! Dan jangan lupa, sebelum kamu dan keluarga pergi jalan-jalan, segera lakukan vaksinasi booster supaya lebih kuat imunnya!

Sumber: /www.indonesia.travel/kemenparekraf.go.id. ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS