Bendera Merah Putih Berkibar di Perairan Teluk Desa Kojadoi

redaksi - Jumat, 18 Agustus 2023 12:02
Bendera Merah Putih Berkibar di Perairan Teluk Desa KojadoiUpacara pengibaran bendera pada HUT Kemerdekaan RI ke-78, Kamis, 17 Agustus 2023. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -  Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 RI, Bendera Merah Putih dikibarkan di perairan Teluk Desa Kojadoi, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka,  Kamis (17/8).

Camat Alok Timur Nikolau Emanuel berperan sebagai inspektur upacara sedang Kopda S. Kompyang sedangkan Komandan upacara Kopda Mafdan.

Puluhan warga, guru-guru Sekecamatan Alok Timur, bersama beberapa prajurit Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Pospol menggelar pengibaran bendera merah putih di perairan Teluk Kojadoi.

Pengibaran bendera ini terkesan unik karena dilakukan di permukaan air laut, menggunakan perahu nelayan oleh Siswa SMPN 4 Kojadoi, Maumere.

Sedikitnya 13 perahu yang digunakan 27 peserta inti untuk mengibarkan bendera dan belasan pasukan katak yang berjaga-jaga di titik lokasi yang dijadikan sebagai tempat pengibaran bendera.

Perahu-perahu tersebut awalnya berbaris di bibir pantai dan kemudian bergerak ke depan panggung utama dan selanjutnya bergerak menuju tiang bendera untuk penggibaran bendera merah putih.

Pantauam media Warga mengikuti apel dari bibir pantai, sementara anak-anak Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kojadoi dan warga Desa Kojadoi mengikuti upacara apel bendera dari Bukit Batu Purba.

Pasukan pengibar bendera yang berada diatas 13 perahu dengan gerakan teratur sambil mendayung perahu mendekati panggung utama dan tiang bendera.

Seorang peserta putri pasukan pengibar bendera menerima bendera merah putih dari Camat Alok Timur, Nicolaus Emanuel.

Selanjutnya bendera merah putih diarak menuju tiang bendera yang sudah ditancapkan dalam laut dan melakukan pengibaran bendera dari atas perahu.

Suasana mendadak hening kala bendera merah putih mulai dibentangkan.

"Kepada sang Merah Putih hormat gerak," teriak komandan upacara salah salah satu prajurit Angkatan Darat Kopda mafdan

Warga di atas perahu dan di bibir pantai serentak memberi penghormatan saat bendera mulai di kibarkan.

Upacara yang berlangsung juga dihadiri para tamu undangan dan seluruh hadirin di upacara yang berlangsung dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan. (Mardat).***

Editor: redaksi

RELATED NEWS