Bersama Umat KBG St Arnoldus Jansen, Mahasiswa KKN Unika Ruteng Adakan Pembuatan POC dan Bokasi Padat

redaksi - Sabtu, 19 Agustus 2023 06:34
Bersama Umat KBG St Arnoldus Jansen, Mahasiswa KKN Unika Ruteng Adakan Pembuatan POC dan Bokasi PadatMahasiswa KKN Unika Ruteng dan Umat KBG St. Arnoldus Jansen (sumber: Bastian)

RUTENG (Floresku.com) -Mengisi Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, mahasiswa KKN Unika St. Paulus Ruteng bersama umat KBG St. Arnoldus Jansen, Stasi Marombok, Keuskupan Ruteng mengadakan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dan pupuk Bokasi Padat, pada Kamis 17 Agustus 2023.

Ketua KBG St. Arnoldus Jansen, Fandrianus mengungkapkan, kegiatan ini merupakan sangat penting bagi umat setempat, khususnya yang bergiat dalam bidang pertanian. 

Sehingga, kata Fandrianus, kehadiran mahasiswa Unika St. Paulus Ruteng sangat membantu umat setempat, khususnya dalam berbagi tentang cara membuatan POC dan bokasi padat.

"Dengan kehadiran mahasiswa/i KKN yang tugas utamanya mendata umat di Paroki Roh Kudus, mereka juga melaksanakan Program yang bersifat opsional seperti halnya cara pembuatan POC dan bokasi padat. Di samping itu, melalui kegiatan ini, kita bisa mengetahui berbagai macam jenis tanaman holtikultura. Kedepannya, kita bisa praktikkan ilmu yang sudah diberikan oleh mahasiswa/i ini," ujarnya.

Sementara itu, mahasiswa KKN Unika St. Paulus Ruteng, Sebastian menyampaikan terima kasih kepada seluruh umat KBG Arnoldus Janssen yang sudah terlibat dan berkolaborasi dalam kegiatan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dan Bokasi Padat.

"Kegiatan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dan Bokasi Padat ini sangat penting sehingga umat setempat bisa mengurangi pemakaian pupuk kimia," ujar Bastian.

Adapun Mahasiswa/i yang melakukan kegiatan tersebut diantaranya: Falerianus Etus (PBSI), Angela Marici Tondong (PBSI), Sebastian Jelahu (Agronomi), Alberto Rifaldo San (Keperawatan), Alosius Fidri, Pasti Rahmin (PBSI), Aloisia D.P. Jaya (Keperawatan), Katarina Elti (PGSD), Edeltrudis Kurniawati (PGSD), Felisia Astuti Agung (PGSD), Dorianus S. Jemalu (PGSD). (Jurnalisme warga: Bastian). ***

RELATED NEWS