Bila ke Sirkuit Mandalika, Jangan Lupa Singgah di Desa Wisata Tetebatu

redaksi - Minggu, 21 November 2021 19:19
Bila ke Sirkuit Mandalika, Jangan Lupa Singgah di Desa Wisata TetebatuDesa Wisata Tetebatu, desa wisata terbaik dunia (sumber: www.isntagram, tetebativilage)

MATARAM (Floresku.com) - Ajang World Super Bike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tengara Barat, membuat banyak wisatawan mancanegara atau wisman kembali menyambangi Indonesia. 

Kantor Staf Presiden (KSP) menyampaikan, sedikitnya 45 desa wisata di Lombok sudah siap menyambut wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

"Presiden mendorong agar desa memiliki daya ungkit ekonomi dengan mengangkat potensi masing-masing, termasuk pariwisata. Dalam verifikasi lapangan yang dilakukan di Lombok tengah, kami melihat hal ini sudah berjalan sesuai arahan Presiden. Kunjungan ke desa wisata meningkat tajam, yang pastinya akan menggerakkan ekonomi masyarakat desa," ungkap Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Albertien Enang Pirade dalam siaran pers KSP, dilansir dari Antara, Sabtu, 20 November 2021.

Desa Wisata Tetebatu

Salah satu dari 45 desa wisata yang bisa menopan kunjugan wisata olah raga ke Sirkuit Mandalika adala Desa Wisata Tetebatu.

Desa Tetebatu yang terletak di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur yang letaknya berada di kaki Gunung Rinjani sebelah selatan. Desa yang berjarak sekitar 44 km dari Kota Mataram ini memiliki pemandangan alam khas Pulau Lombok. 

Ketua Badan Pengelola Desa Wisata Tetebatu, Mariani Rusli berharap Menparekraf menambahkan wilayahnya ke dalam daftar kunjungan. Ia mengatakan, desa wisata Tetebatu yang dinominasikan dalam Best World Tourism UNWTO sangat ingin dikunjungi Sandiaga.

"Tetebatu layak dikunjungi lantaran selain indah, desa wisata ini juga merupakan wakil Indonesia di ajang internasional. Kehadiran Menparekraf bisa memberi saran dan menambah semangat bagi warga ataupun pegiat pariwisata lainnya untuk lebih memperindah dan melestarikan desanya," kata dia sebagaimana dikutip ewpublika.co.id Selasa (2/11).

Desa Wisata Tetabatu memiliki panorama alam dengan lanskap persawahan dan panorama  pegunungan yang memesona.  Ada pula air terjun dengan lingkugan yang asri dan sejuk di di Dusun Lingkung Tengah. 

Di sini tersedia  sudah  berbagai fasilitas juga tersedia di desa ini, seperti homestay, rumah makan dan perkebunan holtikultura yang hasilnya cocok dijadikan sebagai buah tangan. 

Jadi, jika berkesempatan datang ke Sirkuit Mandalika, jangan lupa singgah ke Tetebatu untuk dapat menikmati surga surga tersembunyi. (Mar) ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS