BLKK Seminari Pius XII Kisol Panen Perdana Ikan Lele Sistem Bioflok dan Panen Raya Jagung Lamuru.

Redaksi - Selasa, 09 Maret 2021 22:30
BLKK Seminari Pius XII Kisol  Panen Perdana Ikan Lele Sistem Bioflok dan Panen Raya Jagung  Lamuru.Ikan Lele San Pio Kisol (sumber: 2021/03/1615302731145.jpeg)

KISOL (Floresku.com) - Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Seminari Santo Pius XII Kisol  melakukan Panen Perdana Ikan Lele Sistem Bioflok dan Panen Raya Jagung Benih Lamuru.  

Kegiatan tersebut dilangsungkan  di BLKK Seminari Santo Pius XII Kisol, Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba, Selasa (9/3) disaksikan oleh pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Timur dan pihak gereja atau pimpinan Keuskupan Ruteng.  

Hadir dalam kesempatan tersebut, dari pihak Pemda Manggarai Timur:  Wakil Bupati Manggarai Timur Stefanus Jaghur didampingi Sekda Manggarai Timur Boni Hasudungan dan  sejumlah pejabat dari  Dinas Ketenagakerjaan,  Dinas Perikanan Kelautan,  dan Dinas Pertanian Perkebunan. 

Sementara itu, dari pihak gereja atau Keuskupan Ruteng: Vikjen RD. Alfons Segar,  Vikep Borong RD. Simon Nama, dan Sekjen RD Agustinus Manfred Habur.

Selain melakukan acara panen raya lele dan jagung,  pada kesempatan yang sama diadakan pembukaan pelatihan kursus tahap tiga di BLK Sanpio. Dalam sambutannya, Wakil Bupati  Jaghur Stefanus,  mengatakan bahwa pelatihan  ketenagakerjaan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Sosialisasi Pelatihan Bagi THL yang dirumahkan pada 2021 melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) Matim, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Matim, dan Dinas Sosial Matim, yang dilaksanakan pada sejak Senin (1/3) yang lalu.

Selaku tuan rumah, Praeses Seminari Pius XII Kisol,  RD. Dionisius Osharjo, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Manggarai Timur  dan kepada Anggota DPR PDIP, Bapak Ansy Lema yang memperjuangkan dana aspirasi ke kementrian KKP utk pengadaan Bioflog di seminari Pius XII Kisol. 

“Terima kasih banyak kepada Yang Muliah Bapak Uskup Ruteng yang  telah memberikan motivasi dan dukungan ke pihak seminari, untuk mengembangkan bioflok, sehingga bisa melakukan panen perdana ikan lele dan panen raya jagung benih Lamuru pada hari ini, ” ujarnya. (TO)

 

RELATED NEWS