BMKG Deteksi Dua Titik Panas di Ngada, Tepatnya di Golewa Barat dan Riung Barat

MAR - Selasa, 10 Agustus 2021 12:08
BMKG Deteksi Dua Titik Panas di Ngada,  Tepatnya di Golewa Barat dan Riung BaratCuaca Balikpapan hari ini diperkirakan berawan dan hujan ringan. Ilustrasi. (sumber: ist)

KUPANG (Floresku.com)  - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi dua titik panas (hot spot) terdeteksi muncul di Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Seperti dikutip dari Antara, Senin (9/8/20210),  Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi  mengatakan sebaran dua titik panas ini masing-masing di Kecamatan Golewa Barat dan Riung Barat yang terdeteksi pada 8-9 Agustus dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen. 

Seperti dketahui,  memasuki Agustus 2021 ini, sebaran titik panas juga diketahui muncul di daerah lain di NTT yakni di Kecamatan Fatuleu Barat Kabupaten Kupang sebanyak empat titik terdiri dari dua titik panas yang muncul pada 1-2 Agustus dan dua titik muncul pada 7-8 Agustus.

“Kemunculan titik panas terdeteksi di wilayah Ngada ini merupakan yang pertama pada musim kemarau 2021,” jelas Agung.

Menurut  dia, sebaran titik panas ini diketahui berdasarkan analisis peta sebaran titik panas dengan pantauan Satelit Terra, Aqua, Suomi NPP dan NOAA20 oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Satelit juga  akan mendeteksi anomali suhu panas dalam luasan 1 kilo meter persegi. Pada suatu lokasi di permukaan bumi akan diobservasi 2-4 kali per hari. Namun pada wilayah yang tertutup awan, maka titik panas tidak dapat terdeteksi,. 

RELATED NEWS