Bubur 'Jagung Bose', Sajian Tradisional Masyarakat NTT

Redaksi - Sabtu, 29 Mei 2021 23:44
Bubur 'Jagung Bose', Sajian Tradisional Masyarakat NTTJagung Bose (sumber: Labuanbajotour.com)

JAGUNG BOSE adalah sebuah olahan jagung berupa bubur jagung unik, hidangan tradisional masyarakat  Nusa Tenggara Timur (NTT), terutama di Pulau Timor. 

Jagung Bose mengandung karbohidrat, sehingga  bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Pasalnya, selain biji jagung,  bubur unik ini terbuat dari bahan tambahan seperti kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau atau kacang merah).  Bahan tambahannya adalah buah labu manis, atau ubi tatas dan  santan kelapa.  Anda pun dapat menambah daging (daging se'i) atau pun ikan suwir, jika menginginkan sajian Jagung Bose dengan cita rasa daging atau ikan. 

Apabila Anda ingin mencoba menyiapkan sajian Jagung Bose secara mandiri, Anda dapat menyiapkan bahan-bahan sebagai disebutkan di atas. 

Setelah bahan-bahan disiapkan, Anda bisa mulai merebus air hingga mendidih. Masukkan kacang merah, biarkan hingga matang dan empuk. Selanjutnya, jagung dan labu bisa dimasukkan ke dalam air yang mendidih tadi. Apabila semua bahan telah matang, maka Anda harus memasukkan santan dan garam. Biarkan kuah dan bahan menyatu. Setelah nampak menyusut dan empuk, Jagung Bose sudah disajikan untuk disantap. (*)

RELATED NEWS