Bupati Don Buka Turnamen Bola Voli Bupati Nagekeo Cup dan dan Sirkuit Atletik Antarpelajar

redaksi - Rabu, 20 September 2023 12:58
Bupati Don Buka Turnamen Bola Voli Bupati Nagekeo Cup dan  dan Sirkuit Atletik Antarpelajar Bupati Don saat membuka Turnamen Bola Voly Bupati Cup dan Sirkuit Atlet Antar Pelajar, Seni, (18/9). (sumber: nagekeokab.go.id)

MBAY (Floresku.com) - Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do membuka dengan resmi turnamen Bola Voli Bupati Nagekeo Cup antar Pelajar SLTA dan Sirkuit Atletik Antar Pelajar SLTP SLTA Sekabupaten Nagekeo Tahun 2023 di Lapangan Voly Berdikari, Danga, Senin 18 September 2023.

Turnamen tersebut diselenggarakan oleh Pemda Nagekeo melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Nagekeo. 

Turut Hadir saat acara pembukaan Sekertaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kab Nagekeo (Kartika Sari, PLH Danramil 1625-05 Serka Lodwik Payung Hurek bersama anggota, Ketua PBVSI Kabupaten Nagekeo bersama jajarannya, Panitia Penyelenggara, para guru.

Pertandingan bola voli Bupati Cup dilaksanakan di dua lapangan yaitu Lapangan Bola Voli Danga dan Lapangan Bola Voli Polsek Aesesa. Kegiatan diawali dengan parade kontingen berjalan memasuki lapangan upacara diiringi  marching band dari SMA St.Theresia Danga.

Pembacaan Janji Atlet 

Dalam sambutannya Bupati  mengatakan, selain menjadi ajang mencari bibit atlet berprestasi sejak di bangku SMU, turnamen tersebut merupakan wadah untuk melatih diri membangun kerja sama tim dalam sebuah pertandingan.

Menurut Bupati Don Bosco, olahraga seperti permainan bola voli, sejatinya merupakan gabungan dari beberapa unsur yakni pertama soal mengolah qalbu yang mana di dalamnya ada semangat persatuan dan kesatuan dan saling menerima sebagai saudara sebagai bentuk fairplay

Selain olah qalbu juga olah rasa di mana melatih generasi muda membangun semangat tenggang rasa dengan sesama saat bertanding.

Kemudian olahraga juga bagian dari olah pikir yakni para atlet harus bisa memperhitungkan dengan jeli setiap tindakan dalam olahraga. 

Selanjutnya olah seni. Para atlet yang bertanding harus mampu mempertontonkan suatu permainan indah dengan berbagai atraksi dan variasi dalam bertanding sehingga memanjakan mata penonton. Ini semua dirangkum tidak hanya olahraga otot.

Selanjutnya, dalam sirkuit atlet, Bupati melihat belum banyak cabang atletik yang dilombakan sebagaimana dsemangat olimpiade seperti tolak peluru, lempar cakram, lempar lembing. 

Drum Band SMAK St Theresia memeriahkan Acara Pembukaan Bola Voli Bupati Nagekeo Cup dan  dan Sirkuit Atletik Antarpelajar 

Diharapkan ke depannya bisa melengkapi beberapa cabang olahraga yang kali ini tidak di perlombakan.

“Panitia dan sekolah-sekolah akan melengkapi melalui dana BOS dan orang tua murid bisa melengkapi itu sehingga kita bisa melatih diri terutama cabang olahraga atletik yang disebut sebagai ibu dari semua cabang olahraga sehingga kita bisa melatih diri, Citius, Altius dan fortius yang artinya lebih cepat, lebih tinggi dan lebih kuat” pesan Bupati.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pora menyebutkan bahwa kesehatan merupakan harta yang paling berharga bagi manusia sehingga dengan berolahraga menjadikan kita sehat dan bugar mens sana in corpore sano didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

Parade Atlet peserta Bola Voli Bupati Nagekeo Cup dan  dan Sirkuit Atletik Antarpelajar 

“Melalui 2 cabang olahraga yakni cabang olah raga bola voli dan cabang olahraga atletik  melalui suatu kompetisi yang digelar dalam rangkaian turnamen dan sirkuit sebagai wadah untuk memperkuat persahabatan dan menciptakan inspirasi baru satu sama lain dalam tujuan untuk mencapai prestasi lebih baik” ungkapnya.

Dijelaskannya, turnamen kali ini merupakan bukti nyata semangat kebersamaan dan persatuan di antara pelajar SLTP maupun SLTA di Kabupaten Nagekeo.

“Oleh karena itu patut kami sampaikan terima kasih atas partisipasi dan dedikasi setiap tim, pelatih, dan guru pembimbing yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini,”. katanya.

Panitia berharap turnamen ini berjalan dengan lancar dan penuh semangat sportivitas. Sebagai pelajar yang baik, harus mampu memberikan contoh bahwa kalian adalah generasi pelajar yang tangguh, berdisiplin, dan memiliki tekad untuk meraih prestasi yang gemilang di berbagai bidang, termasuk salah satunya bidang olahraga.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan prestasi dan memupuk sportifitas atlet, mendorong peran serta aktif pelajar SLTP-SLTA se-Kabupaten Nagekeo dalam meningkatkan prestasi di bidang keolahragaan umumnya dari cabang olahraga bola voli dan Atletik khususnya, meningkatkan tali persaudaraan antar pelajar di wilayah Kabupaten Nagekeon.

 “Menjaring atlet-atlet terbaik untuk berkompetisi di tingkat regional melalui ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) dan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) NTT mendatang” ungkapnya.

 Kegiatan turnamen bola voli Bupati  Nagekeo Cup dilaksanakan sejak 8  hingga 27 September 2023.  

 Sementara itu sirkuit atletik akan dilaksanakan pada sejak 21 hingga 23 September 2023 bertempat di Lapangan Sepak Bola Berdikari Danga dengan mempertandingkan 7 nomor lomba diantaranya nomor 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 5000 m, Jalan Cepat, Mix Estafet  4 x 400 m campuran  dan lompat jauh putra, putri dengan jumlah peserta sebanyak 320 orang peserta.

Peserta turnamen sebanyak 33 tim (17 tim putra dan 16 tim putri)  dengan total 431 orang atlet.

Sekolah /Klub Bola Voli dan Atletik  yang  ikut berlaga dalam turnamen tersebut adalah  MAS Maropokot, SMAN Keo Tengah, SMAK St. Fransiskus Xaverius Boawae, MAN Nagekeo, SMK Aesesa Selatan, SMAK St. Theresia Danga, SMAK Gonzaga Danga, SMAN 1 Boawae, SMAK Stellamaris Danga, SMKN Ndora, SMKN 1 Aesesa, SMAK Tozupazo Danga, SMKN 1 Nangaroro, SMAN 1 Mauponggo SMPN 6 Aesesa, SMPN Aesesa Selatan, SMAK Baleriwu, SMAK St. Clemens Boawae, SMAN 1 Wolowae, MTSN Mbay SMAN 2 Aesesa, SMAN 1 Aesesa SMAN 3 Aesesa SMPN 1 Aesesa.

Adapun, total hadiah pertandingan juara 1 bola voli putra + putri Rp 55.000.000.00 juta.  Cabang atletik putra + putri dengan total hadiah  sebanyak Rp.50.000.000.00.

Setelah upacara pembukaan, diadakan laga perdana  antara Tim Voli Putri Baleriwu VS Tim Voli SMAKEL Boawae.

Mennadari laga perdana tersebut, Bupati Don berkenan melakukan servis  pertama. ***

RELATED NEWS