Bupati Nagekeo Ajak Pemerintah dan Masyarakat Beri Perhatian Serius pada Pendidikan Anak-Anak Usia Dini

redaksi - Rabu, 18 Oktober 2023 10:42
Bupati Nagekeo Ajak Pemerintah dan Masyarakat Beri Perhatian Serius pada Pendidikan Anak-Anak Usia DiniBupati berfoto bersama siswa TK usia meresmikan K Negeri Ledho di Desa Sawu dan TK Negeri St. Martinus Kolilewa di Desa Ua, Senin, 16 Oktober 2023. (sumber: nagekeokab.go.id)

MBAY (Floresku.com) - Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do mengajak pihak pemerintah dan warga masyarakat untuk memberikan perhatian serius pada pendidikan anak-anak sejak usia dini.

"Kita didik anak kita agar kompetitif masuk dunia kerja dan mampu bersaing," kata dia saat meresmikan  TK Negeri Ledho di Desa Sawu dan TK Negeri Santo Martinus Kolilewa di Desa Ua, Kecamatan Mauponggo, Senin, 16 Oktober 2023.

Bupati Don bersama beberapa siswa TK mengguting pita sebagai tanda diresmikannya TK Negeri Ledho (Sumber: nagekeokab.go.id)

 Bupati Don didampingi Kepala Dinas P dan K Kabupaten Nagekeo, Venantius Minggu dan Camat Mauponggo Leonardus Loda tiba di TK Negeri Ledho sekitar pukul 11:00 Wita.

Di halaman TK, rombongan Bupati disambut dengan tarian dan sapaan adat Nagekeo yang dibawakan siswa-siswi TK Ledho. 

Sementara itu di TK Kolilewa Bupati  disambut atraksi drum band oleh sejumlah siswa TK. 

Hadir dalam acara peresmian dua TK tersebut Forkompimcam, tokoh masyarakat, guru dan orang tua wali.

Dalam sambutannya Bupati Don  mengatakan lembaga pendidikan mulai dari tingkat TK, SD, hingga SMP merupakan kewajiban yang diurus oleh pemerintah kabupaten.

Namun, katanya, hal itu bukan berarti menghilangkan tanggung jawab guru dan orang tua wali dalam mengurusi anak-anak didik dengan baik.

Pemerintah Kabupaten Nagekeo fokus memerhatikan peningkatan kualitas dunia pendidikan, terutama pendidikan tingkat dasar.

Dengan pengalihan status TK Ledho menjadi TK negeri, ia berharap, kolaborasi dan kerja sama pihak, baik lembaga pendidikan maupun pemerintah desa, semakin mantap untuk peningkatan mutu pendidikan.

Pada kesempatan itu, Bupa Don meminta para guru memperhatikan kualitas sebagai pendidik yang memiliki standar kualifikasi sehingga bisa menghasilkan anak didik yang mampu bersaing di masa depan.

Ia juga bersiap untuk menambah sarana fasilitas belajar seperti perpustakaan di dua TK tersebut.

Bupati Don juga berpesan kepada orang tua siswa agar fokus memperhatikan gizi anak, pakaian, serta tata ruang kamar anak di rumah.

Ia menegaskan agar tata ruang anak di rumah harus menjadi nomor satu, bukan diabaikan sebagaimana tata ruang rumah yang fokus pada kamar tamu.

"Mereka harus bisa menikmati fasilitas pendidikan di tingkat PAUD dan TK dengan baik, mari kita dampingi mereka agar fasilitas yang ada ini bisa menjadi lingkungan yang belajar yang nyaman bagi mereka," kata dia.

Sementara  itu Ketua Panitia Peresmian TK Ledho Gabriel Lipu menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Nagekeo atas perhatian dan kerja sama sehingga TK Negeri Ledho dialihkan dari status yang sebelumnya swasta menjadi negeri.

Ia mengatakan TK Ledho didirikan pada 2015 karena menjawab kerinduan masyarakat di dua dusun akan kehadiran lembaga pendidikan anak usia dini. 

TK itu didirikan atas partisipasi swadaya masyarakat dan alokasi anggaran melalui dana desa. (SP). ***

Tags NagekeoTKPAUDBagikan

RELATED NEWS