Bupati Sikka Resmikan Rumah Belajar, Sanggar Budaya dan Tenun ikat

redaksi - Sabtu, 08 Mei 2021 19:25
Bupati Sikka Resmikan Rumah Belajar, Sanggar Budaya dan Tenun ikat (sumber: null)

MAUMERE (Floresku.com) - Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo (Bupati Robby) meresmikan  Rumah Belajar Joseph, Sanggar Budaya Lero Sadang Wolon dan Tenun ikat Sudan Sogor Kelan Kirek di Mudung, Desa Aibura, Kecamatan  Waigete, Jumat (7/5).
Dalam pidatonya Bupati  Robby mengatakan pemerintah Kabupaten Sikka merasa bangga dan berterima kasih atas inisiatif dan kreativitas  warga, terutama orang muda untuk mengembangkan rumah belajar, sanggar budaya dan tenun ikat. 

“Kegiatan seperti memang membutuhkan keberanian seorang anak muda untuk menghimpun masyarakat dalam sebuah kelompok usaha tenun  ikat dan sanggar budaya.  Saya berharap apa yang telah dimulai ini, dapat terus dikembangkan. Untuk itu perlu adanya rasa saling mendukung, saling bekerja sama untuk suatu tujuan hidup bersama,” ujarnya.

Hadir dalam acara peresmian Rumah Belajar, Sanggar Budaya,  dan Tenun Ikat tersebut  Kadis Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Kabupaten Sikka, Pet Poling,  anggota DPRD Kabupaten Sikka,  Wenselaus Wege, dan sejumlah tokoh masyarakat Desa Aibura,

Kegiatan rumah belajar Joseph dibentuk saat situasi Covid-9, dimana anak-anak tidak di Desa Mudung tak  bisa ke sekolah lagi.  

"Sejak 1 Juli 2020, Joseph Rodin, seorang anak muda asal Mudung, Desa Aibura berinisiatif  mengumpulkan anak-anak di rumahnya untuk kegiatan belajar mengajar. Joseph juga menghimpun ibu-ibu agar tetap semangat dan berusaha di situasi pandemi Covid19. Ia berinisiatif membentuk kelompok tenun ikat Sudan Sogor Kelan Kirek dan mendirikan Sanggar Budaya Lero Sadang Wolon di Mudung desa Aibura Kecamatan Waigete Kabupaten Sikka. (Ilse G.)

RELATED NEWS