Demi Keindahan Pantai Tepi Kota Larantuka, Kelompok Pencinta Alam Tanam 1000 Terumbu Karang di Pantai Kuce

redaksi - Sabtu, 15 April 2023 16:19
Demi Keindahan Pantai Tepi Kota Larantuka, Kelompok Pencinta Alam Tanam 1000 Terumbu Karang di Pantai KucePenamam terumbu karang (sumber: Mardat)

LARANTUKA (Floresku.com) - Kolompok Pencinta Alam gandeng beberapa kelompok lainnya melaksanakan kegiatan penanaman 1000 bibit terumbu karang ditepi Pantai Kuce  demi terwujudnya keindahan pantai tepi kota. 

"Kalau Kota Larantuka dibilang ‘Nagi Tua Tepi Pantai’ maka kalau kita ke pantai kita harus lihat pantai kita yang indah dan bagus.

Kegiatan penanaman trumbu merupakan bagian dari kegiatan Festival bale nagi diharapkan para nelayan mampu membudayakan dalam menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan," ungkap Ketua Kelompok Pencinta Alam, Rofinus Monteiro saat diwawancarai awak media, Jumat, 1 April 2023.

Ketua Kelompok Pencinta Alam, Rofinus Monteiro (Foto: Mardat)

Monteiro mengatakan tujuan dari penanaman 1000 media tanam terumbu karang adalah untuk mendorong partisipasi masyarakat pesisir dan nelayan dalam menjaga dan melindungi kelestarian laut. 

Dia menjelaskan bahwa transplantasi terumbu karang untuk mengkonservasi terumbu karang yang telah rusak demi dapat terciptanya kelestarian lingkungan laut. 

Selain itu juga untuk menanam kembali bibit terumbu karang agar terjadi regenerasi terumbu karang yang baru.

"Terumbu karang menjadi tempat hidup ikan sebagai sumber pangan, sebagai pelindung pesisir dan pantai, dan sarana rekreasi. Semakin banyak yang peduli, laut kian terjaga," ungkapnya

Transplantasi 1000 bibit terumbu karang

Dalam aksi mentrasplatasi 1000 bibit terurumbu karang, Kelompok Pencinta Alam  mengandeng beberapa komunitas yang ada di dalam  Kota Larantuka dan dari luar kota.

Selain itu mereka juga menggandeng beberapa Anggota Kodim 1624/Flotim bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran bersama. Kegiatan ini juga bagian dari rangkaian kegiatan Festival Bale Nagi

Lebih lanjut Rofinus Monteiro menyampaikan bahwa  baik pemerintah maupun masyarakat serta komunitas pecinta alam harus memiliki rasa kepedulian serta gerakan nyata.

"Untuk itu kegiatan penanaman terumbu karang ini hendaknya menjadi salah satu langkah strategis kedepan demi terwujudnya keindahan pantai tepi kota" jelasnya. (Mardat). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS