Desa Romang: Punya Banyak Ikon Wisata Eksotis, Tapi Infrastruktur Jalannya Masih Buruk

redaksi - Kamis, 18 November 2021 22:46
 Desa Romang: Punya Banyak Ikon Wisata Eksotis, Tapi Infrastruktur Jalannya  Masih BurukParadoks Desa Romang: Destinasi wisata 'Sunsa Dedek Hara' (kiri) dan Jalan yang rusak (kanan). (sumber: facebook.com/tedy)

DESA Romang, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat ternyata menyimpan sejumlah ikon wisata yang sangat luar biasa eksotisnya. Betapa tidak, desa ini memiliki beberapa air terjun dengan sajian pemandangan yang sangat memikat hati bagi siapapun yang berkunjung.

Salah satu di antaranya adalah air terjun Sunsa Dedek Hara. Air terjun ini sungguh unik. Selain airnya yang mengalir lembut, ada pula kolam alamiah  dengan air kebiruan yang  sangat indah dan memanjakan mata. 

Ikon wisata lainnya di desa Romang adalah  Gua Roang  Niki, Sunsa Lombong, Goa Ropet, Sunsa Nggerngguk, dan Wae Melombang serta Watu Empo Insari.

Air Terjun Sunsa Dedek Hara (Sumber: Istimewa)

Gregorius Gani, salah satu warga Desa Romang mengatakan bahwa ikon-ikon wisata yang indah itu tidak akan mampu ambil bagian penuh untuk menunjang Kota Labuan Bajo sebagai kota wisata super premium jika kondisi infrastruktur jalannya sangat buruk.

"Mana mungkin orang mau lihat ikon wisata di Desa ini jika jalannya sangat buruk", kata Gregorius.

Namun, Gregorius tetap optimis bahwa  ikon-ikon wisata di Desa Romang ini sangat berharga dan bisa menunjang ekonomi masyarakat, asalkan insfratruktur jalan ke sejumlah destinasi wisata itu dibangun secara memadai.

Infrastruktur jalan masih buruk

Sudah  sangat lama masyarakat Desa Romang merindukan ketersediaan infrastruktur jalan yang baik.   Namun, harapaan dan kerinduan itu tidak terjuwud hingga saat ini. Kondisi jalan yang buruk, selain menghambat mobilitas masyarakat, juga menghalangi proses distribusi barang. Produk pertanian seperti buah-buahan dan  komoditas lainnya sulit untuk  dipasarkan ke ibukota kabupaten, Labuan Bajo. Akibatnya laju perekonomian masyarakat Desa Romang bergerak lamban.

Kondisi jalan yang buruk menjadi semakin parah ketika hujan tiba. Pada Selasa, 16 November 2021, media ini memberitakan  kondisi Kali Pumpung di Desa Loha, Kecamatan Pacar yang meluap dengan arus yang deras akibat hujan lebat. Para pengguna jalan, baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat pun tidak bisa melintasi kali tersebut.

Hari ini, Kamis, 18 November 2021, netizen  pengguna jalan mengirimkan foto kondisi jalan di beberapa tempat yang kian memburuk. Misalnya, jalan di Desa Romang, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat.  Foto tersebut memperlihatkan mobil angkutan umum sedang mogok dan terbenam dalam jalan berlumpur. (Tedy N) ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS