Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Ende Ajak Generasi Milineal Ikut Berkoperasi

Redaksi - Rabu, 03 Maret 2021 21:07
Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Ende Ajak Generasi Milineal Ikut BerkoperasiDewan Koperasi Pemda Ende (sumber: 2021/03/1614755232314.jpeg)

ENDE - Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda)  Kabupaten Ende mendorong  generasi muda milineal untuk ikut berkoperasi karena mereka merupakan generasi full power yang kaya akan gagasan dan familiar dengan perkembangan Zaman kekinian, Khususnya dalam hal teknologi, komunikasi dan ragam aplikasi.

Hal ini dikatakan Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Ende, Drs Derson Duka, pada saat kegiatan Pembukaan Musyawarah Daerah Dekopinda Kabupaten Ende belum lama ini,  sebagaimana diberitakan oleh laman resmi Pemerintahan Kabupaten Ende, (3/3/2021).

“Mereka adalah generasi yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan gerakan perjuangan koperasi di berikutnya, sehingga perlu dipersiapkan sejak dini,”kata Bupati Djafar

Digitalisasi Koperasi

Sementara itu, Wakil Rektor Universitas Flores, Dr Ernesta Leha M.Agb dalam sambutannya mengatakan koperasi di Flores ini luar biasa perkembangan, banyaknya koperasi antara 2000 sampai 3000.

Menurut Ernesta ketika bertemu salah satu staf Gubernur NTT, Gubenur menyampaikan bahwa dalam program ke depannya bagi 2000 koperasi di NTT agar menjalani digitalisasi Koperasi.

“Digitalisasi Koperasi sangat wajib tidak ada pilihan lain, jadi sekarang tidak zamannya lagi petugas koperasi dari rumah ke rumah atau dari desa ke desa untuk menyampaikan undangan, semua harus serba ITI sehingga mempermudah, meringkas waktu dan meringankan beban kerja pegawai koperasi,”katanya

Terkait dengan Koperasi, Ernesta mengatakan Ende lebih banyak memiliki Koperasi Kredit dan tidak ada koperasi produksi, ia berharap untuk Dekopinda agar koperasi produksi di hidupkan karena mayoritas petani di Ende butuh sarana prasana, bibit, pupuk dan itu bisa dikasih lewat koperasi produksi.

Dr Ernesta juga memberikan apresiasi kepada Dekopinda yang telah menginisiasi gerakan untuk pendampingan koperasi di Kabupaten Ende.

Dia berharap semua elemen harus memiliki kontribusi dan semangat yang sama untuk pengembangan koperasi di Kabupaten Ende.

Uniflor sebagai lembaga pendidikan Tinggi bersedia bekerjasama dengan Dekopinda dan Pemda Kabupaten Ende untuk membantu koperasi – koperasi di Ende untuk jauh lebih baik dan lebih bagus serta makin canggih (BS)

RELATED NEWS