Di Nigeria: Uskup Badejo Ucapkan Selamat Jelang Umat Islam Merayakan Idul Adha

redaksi - Senin, 19 Juli 2021 23:14
Di Nigeria: Uskup Badejo Ucapkan Selamat Jelang Umat Islam Merayakan Idul AdhaUskup Diosis Oyo,- Niegeria Emmanuel Adetoyese Badejo (sumber: Vaticannews.va)

NIGERIA (Floresku.com) - Dalam ucapan selamat kepada saudara dan saudari Muslim di Nigeria, dan di tempat lain, yang hendak merayakan hari raya Idul Adha (Eid-el-Kabir). Dalam ucapan tersebut, Uskup Katolik Nigeria Keuskupan Oyo, Emmanuel Adetoyese Badejo, memuji hubungan baik antara umat Katolik dan Muslim di wilayahnya.

Pesan dan ucapan selamat  ditandatangani bersama dengan Direktur Dialog Antar Umat Beragama Keuskupan, Pdt. Joseph Ogundipe, Uskup Badejo meminta umat Islam dan Katolik untuk terus percaya kepada Tuhan dan bekerja sama untuk perdamaian.

Perayaan Idul Adha 1442 H /Juli 2021 M
“Atas nama seluruh Keuskupan Katolik Oyo, izinkan saya mengucapkan selamat kepada Anda, saudara dan saudari Muslim, karena Anda merayakan hari raya kurban suci lainnya, Idul Adha. Kami bergabung dengan Anda untuk berterima kasih kepada Tuhan atas kesempatan ini untuk memahami tantangan yang diberikan musim ini kepada kita semua. Kami turut berduka cita bagi yang terbengkalai kewajiban haji akibat pandemi Covid-19, dan kami doakan semoga tahun depan lebih baik lagi. Amin,” kata Uskup Badejo.

Kebutuhan kita bersama untuk hidup berdampingan secara damai
Uskup Badejo melanjutkan, “Idul Adha  adalah festival pengorbanan besar kepada Allah yang harus tercermin dalam pengorbanan cinta kita satu sama lain, terutama mereka yang tidak memiliki kepercayaan dan bahasa yang sama. Negara kita tercinta membutuhkan kita semua, dan kita semua memiliki peran dalam keberhasilan Nigeria sebagai sebuah bangsa. Saya dengan rendah hati mendorong kita untuk menggunakan media ini untuk merefleksikan kebutuhan kita bersama untuk hidup berdampingan secara damai, pemerintahan yang baik dan pemberdayaan pemuda. Kita harus siap untuk memerangi segala bentuk prasangka, berita palsu, ujaran kebencian dan fanatisme agama dan bergandengan tangan dengan para pemimpin (politik dan sipil) kita dalam membuat Nigeria bekerja untuk kita semua,” kata prelatus Keuskupan Oyo.

Hubungan baik dengan negara bagian Oyo
Uskup Badejo juga memuji kerja sama yang terjalin antara Keuskupan Oyo dan pemerintah Negara Bagian Oyo yang menegaskan kembali kesediaan Gereja untuk bekerja demi kebaikan bersama.

“Kami juga berdoa untuk lebih banyak perdamaian dan kemajuan di tahun-tahun mendatang. Seperti biasa, kami terbuka untuk program saling memperkaya dan dialog hidup berdampingan secara damai dengan Anda semua. Sekali lagi, atas nama para imam, religius dan awam di keuskupan ini, saya mengucapkan selamat hari raya Idul Adha yang penuh berkah,” katanya.

Idul Adha adalah peristiwa suci dalam Islam. Kaum Muslim melakukan haji (Ziarah Suci) dan merayakan Festival Kurban.

Pekan lalu, Sultan Sokoto dan Presiden Jenderal Dewan Tertinggi Nigeria untuk Urusan Islam (NSCIA), Sa'ad Abubakar III, mengklarifikasi tanggal hari Idul Adha. Dia mengatakan Muslim Nigeria akan merayakan Idul Fitri 2021 pada Selasa, 20 Juli, alih-alih ekspektasi sebelumnya pada 21 Juli. (MAP)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS