Dinkes Matim Gelar Kegiatan Imunisasi PCV di Kisol, Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba

redaksi - Kamis, 13 Oktober 2022 09:24
Dinkes Matim Gelar Kegiatan Imunisasi PCV di Kisol, Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota KombaKegiatan Imunisasi PCV di Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba, Rabu, 12 Otkober 2022. (sumber: Filmon Hasrin)

BORONG (Floresku.com)-Dinas kesehatan Kabupaten Manggarai Timur melaksanakan kegiatan 'Pencanangan Imunisasi PCV Tingkat Kabupaten Manggarai Timur,' di Kisol, Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba pada Rabu, 12 Oktober 2022.

Di bawah tema 'Upaya Terbaik Melindungi Buah Hati Anda Dari Pneumonia" itu, pihak kesehatan melakukan vaKsinasi kepada balita sesuai usianya masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, dr. Surip Tintin menjelaskan penumonia adalah infeksi akut pada jaringan paru. Salah satu penyebabnya adalah infeksi pneumokokus. 

Gejala pneumonia pada balita, demam, batuk, atau kesukaran bernapas yang ditandai dengan napas cepat atau tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam (TDDK).

Kegiatan Imunisasi PCV di Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba, Rabu, 12 Otkober 2022. (Foto: Filmon Hasrin).

"Anak dianggap napas cepat bila frekuensi hitungan napas: usia lebih dari 2 bulan dengan frekurnsi napas 60×/menit, usia 2-11 bulan dengan frekuensi 50×/menit, dan usia 12-59 bulan dengan frekuensi 40×/menit," jelasnya. (12/10).

Lebih lanjut, imunisasi PCV diberikan pada usia 2,3, dan 12 bulan dan aman diberikan bersama dengan imunisasi lainnya. Imunisasi PCV bertujuan untuk melindungi anak dari pneumonia yang disebabkan oleh infeksi pneumokokus.

"Kontraindikasi imunisasi PCV yaitu ada riwayat alergi berat terhadap komponen vaksin PCV-13 atau vaksin yang mengandung komponen diphteria (DPT-HB-HiB, DT, Td)," pungkasnya.

Kepala Puskesmas Kisol, Heribertus Paul mengatakan setelah penanganan imunisasi PCV ini akan melakukan sosialisasi karena akan dijadikan imunisasi rutin nanti.

"Sebentar survei dari rumah ke rumah dan melakukan sosialisasi terkait imunisasi PCV ini," ungkapnya.

Untuk diketahui, imunisasi dan obat yang tersedia untuk anak-anak diberikan secara gratis dari dinas kesehatan Kabupaten Manggarai Timur. (Filmon Hasrin) ***

RELATED NEWS