Dr Geri Gobang Resmi Dilantik Jadi Rektor UNIPA Maumere

redaksi - Selasa, 28 Mei 2024 10:54
Dr Geri Gobang Resmi Dilantik Jadi Rektor UNIPA MaumereSerah terima jabataan dari Rektor Unipa yang lama Dr Angelius ke Rektor Unipa baru, Dr Geri Gobang (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -Doktor Jonas K.G.D Gobang, S.Fil, MA secara resmi dilantik sebagai rektor universitas nusa Nipa (UNIPA) Maumere periode 2024-2028. Doktor Geri Gobang menggantikan rektor sebelumya, Doktor Ir, Angelinus Vincentius, M.Si yang telah menjabat sebagai Rektor UNIPA dalam dua periode.

Pelantikan yang berlangsung di aula Nawacita UNIPA, Senin, (27/5), dihadiri oleh, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi UNIPA Maumere, Sabinus Nabu, Sekda Sikka, Femi Bapa, Forkompinda, dan sejumlah tokoh lainnya.

Rektor Unipa Maumere, Geri Gobang mengatakan, sebagai Rektor yang baru dilantik, hal yang perlu dilakukan adalah membangun kolaborasi dengan seluruh sivitas akademika. Langkah selanjutnya peningkatan mutu dan kualitas universitas nusa Nipa lebih baik lagi.

"Mari kita semua membangun dan kerjasama internal yang kokoh dan produktif serta pola kemitraan yang harmonis dalam semua pemangku kepentingan baik pemerintah maupun swasta dalam konteks pentahelix agar UNIPA secara kondusif dapat mengembangkan pembelajaran bermutu serta mampu menghasilkan karya-karya dan pengabdian masyarakat yang bermanfaat dan berkualitas serta dapat diakses oleh semua pihak melalui pemanfaatan teknologi informasi diera digital ini, " ungkapnya.

Geri Gobang berharap dukungan dari semua pihak untuk bersama-sama membangun keberlanjutan proses pendidikan di UNIPA. Tugas yang diemban ini maha berat dan butuh doa dan dukungan dari semua pihak.

"Di pundak ini terasa amat berat karena kami sadar ini bukan pekerjaan kecil atau sebuah pekerjaan biasa-biasa saja. Ini butuh kekuatan, sinergi, berkelanjutan dan tidak boleh berhenti, " ungkapnya.

Pertanyaan yang mendasar yang senantiasa merasuk dalam pikiran, mau dibawa kemana kampus besar ini. Apakah kami layak tidak mampu menjalankan.

"Kami butuh bimbingan, dampingan, tuntunan, nasehat, bahkan teguran, kritikan dan saran-saran yang konstruktif agar kamipun mampu menciptakan  kampus UNIPA ini sebagai komunitas ilmiah dan wirausaha yang moderen dan berdaya saing ditingkat, nasional, maupun internasional, " ujarnya.

Ketua Badan Penyelenggara, Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Sabinus Nabu mengingatkan kembali pesan-pesan yang sudah terus menerus diucapkan dengan mengutip pendapat Pater Senge dalam Buku The Fifth Discipline bahwa sebagaimana organisasi pembelajaran satu organisasi harus terus mendorong anggotanya untuk terus berdaptasi dalam menghadapi perubahan lingkungan dan kemajuan," ungkap Sabinus dalam sambutannya.

"Saya kembali mengingatkan lima disiplin yang dapat mendorong organisasi pembelajaran untuk menghadapi perubahan lingkungan dan kemajuan yang ada yakni, Personal Mastery (Keahlian Pribadi); Mental Models; Shared Vision (visi bersama); Team Learning (pembelajaran tim) dan System Thinking (berpikir sistem), " ungkapnya.

Sabinus menekankan, agar terus berinovasi dan jangan berlindung dibawah regulasi.

"Kita akan menjadi korban dari era disrupsi jika kita tidak mau beradaptasi. Kompetitor akan terus berkembang dan kita akan mengalami degradasi, " ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sikka, Margaretha Movaldes Da Maga Bapa mengatakan, atas nama pemerintah kabupaten Sikka menyampaikan apresiasi kepada Rektor UNIPA yang baru dilantik. Pelantikan ini menjadi momen besar bagi UNIPA dan kabupaten Sikka.

"Kehadiran UNIPA dan perguruan tinggi lain di kabupaten Sikka telah memberikan kontribusi yang besar bagi peningkatan kesejahteraan dan pembangunan kabupaten Sikka, " ungkapnya. (Mardat). ***

RELATED NEWS