Dua Tahun Perang di Ukraina, Sampai Kapan?

redaksi - Minggu, 25 Februari 2024 14:34
 Dua Tahun Perang di Ukraina, Sampai Kapan? Pasukan Ukraina telah memperoleh kemajuan pesat dalam beberapa hari terakhir dan telah merebut kembali wilayah di wilayah Luhansk di Ukraina timur yang diduduki Rusia. Namun, pasukan Rusia masih menguasai seperlima wilayah negara itu. (sumber: Getty Images)

 Oleh: Andrea Tornielli*

HARI ini, dua tahun silam pecah perang antara Rusia  dan Ukraina, Setelah dua tahun perang di Ukraina, apa yang masih perlu dilakukan agar agresi bisa dihentikan dan kita bisa sepakat untuk merundingkan perdamaian yang adil?

Meskipun berita buruk yang keluar dari Tanah Suci dalam beberapa bulan terakhir, dan sekarang kematian pembangkang Rusia Navalny, telah menutupi laporan perang dari Ukraina, hari ini kita ingin mengingatnya. 

Kita  telah melakukan hal ini dalam beberapa hari terakhir dengan memberikan suara kepada para saksi, kepada mereka yang tidak menyerah pada logika kebencian, kepada mereka yang terus berdoa dan terus bertindak untuk meringankan penderitaan penduduk yang terpuruk selama dua puluh empat bulan. pemboman.

 Kita melakukan hal ini dengan membiarkan angka-angka yang berbicara sendiri, karena realitas nyata dari apa yang terjadi, yang sering kali kini jauh dari sorotan, menggambarkan ketidakmanusiawian yang tidak masuk akal dalam perang ini.

 Puluhan ribu nyawa dikorbankan untuk menaklukkan beberapa kilometer wilayah, puluhan ribu pria – tua dan muda – terluka atau cacat, seluruh kota di Ukraina telah rata dengan tanah, jutaan pengungsi tinggal di luar negeri, ribuan ranjau-ranjau tersebut dirancang untuk merusak kehidupan masa depan penduduk yang tidak bersalah... 

Apa lagi yang perlu dilakukan agar agresi dapat dihentikan dan kita dapat duduk bersama untuk merundingkan perdamaian yang adil?

Seruan Paus Fransiskus yang tak terhitung jumlahnya untuk menarik perhatian pada “Ukraina yang babak belur” tidak didengarkan. 

Perang dan kekerasan tampaknya menjadi cara untuk menyelesaikan perselisihan. Perlombaan senjata untuk mengantisipasi perang di masa depan kini sudah menjadi hal biasa dan juga dianggap sebagai sesuatu yang tidak bisa dihindari. 

Dana yang tidak dapat diperoleh untuk membangun taman kanak-kanak dan sekolah, untuk mendanai layanan kesehatan yang berfungsi, untuk memerangi kelaparan, atau untuk mendorong transisi ekologi dengan mengutamakan pelestarian planet kita, selalu tersedia dalam hal persenjataan. 

Diplomasi tampak bungkam di hadapan sirene yang saling bermusuhan. Kata-kata seperti perdamaian, negosiasi, gencatan senjata, dialog, dipandang dengan penuh kecurigaan. Sangat sedikit yang terdengar dari Eropa, selain hanya pemimpin individu yang menonjol.

Pada saat ini, tidak ada lagi kebutuhan untuk tidak menyerah pada logika perang. Ada kebutuhan untuk terus memohon karunia perdamaian dari Tuhan, seperti yang terus dilakukan oleh Penerus Petrus tanpa kenal lelah, mengetahui bagaimana membedakan bara api harapan yang membara di bawah selimut abu kebencian yang semakin menebal. 

Ada kebutuhan akan kepemimpinan baru yang bersifat profetik, kreatif, dan bebas, yang mampu berani, bertaruh pada perdamaian, dan bertanggung jawab atas masa depan umat manusia. 

Dibutuhkan komitmen yang bertanggung jawab dari semua pihak dalam membuat suara mereka yang tidak menyerah pada logika “Kainisme” dari “panglima perang” yang mengancam akan membawa kita menuju kehancuran diri didengar dengan kekuatan dan tekad. ***

*Andrea Tornielli adalah jurnalis Vatican News. 

Editor: redaksi

RELATED NEWS