Dubes RI di Argentina Niniek K. Naryatie Beri Surat Apresiasi untuk Padre Amans Laka SVD di Havana, Kuba

redaksi - Rabu, 20 Oktober 2021 00:33
Dubes RI di Argentina Niniek K. Naryatie  Beri Surat Apresiasi untuk Padre Amans Laka SVD di Havana, KubaPadre Amans Laka SVD, misionaris asal Indonesia di Havana, Kuba (sumber: Dokpri)

JAKARTA (Floresku.com) – Hari ini, Selasa, 19 Oktober, pukul 18.55 WIB, Padre Amans Laka  dari La Havana, Kuba mengirim pesan melalui aplikasi WhatsApp untuk redaksi media ini. 

Padre Amans menginfomasikan bahwa ia baru saja menerima ‘Surat Keterangan Penghargaan’ dari Duta besar Republik Indonesia, Niniek K. Naryatie, di Buones Aires, Argentina.

“Ini saya baru saja menerima ‘Surat Ucapan Penghargaan’ dari Negara Republik Indonesia via Ibu Dubes RI Niniek K. Naryati di Buenos Aires, Argentina.”

Padre Amans juga melampirkan foto surat yang diterimanya dari Ibu Dubes Niniek tersebut.

Surat berkop burung Garuda Pancasila dengan tulisan ‘Emmbasy of the Republic of Indonesia Buenos Aires Argentina’ tersebut ditulis pada tanggal 20 September 2021. 

Melalui surat berjudul ‘To Whom It May Concern’ tersebut Dubes Niniek atas nama pemerintah Indonesia memeberikan pengakuan dan penghargaan yang tinggi atas sumbangsih Padre Amans Laka SVD, imam religius dan misionaris Katolik  kelahiran Tanah Putih, Kefamenanu, Nusa Tenggara Timur selama berkarya di Provinsi Misiones, Argentina pada tahun 1997 hingga 2017.

Dubes Niniek menyebutkan Padre Amans Laka SVD telah melakukan pelayanan kemanusian yang luar biasa  bagi warga Argentina, khususnya dalam bidang pendidikan dengan membangun Agriculture Family School St. Arnold Janssen di Puerto Esperanza dan St. Josef Freinadametz di Caraguatay, keduanya di Provinsi Misiones, pada 2003.

Menurut Dubes Niniek,   Amans Laka SVD juga berkontribusi dalam pembangunan Primary School  No.656 di Puerto Ezperanza, yang kemudian dikenal sebagai Sekolah Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Pemerintah Kabupaten Puerto Esperanza No.19/2010.

Sebagai pengakuan atas karya kemanusian yang dilakoni Padre Amans Laka SVD,  Pemerintah Kabupaten Puerto Ezperanza melaui Surat Keputuan No.58/2007, memberi nama ‘Amans Laka’ atas ruas jalan di Puerto Espernaza.

Sebagaimana diberitakan oleh media ini (Rabu, 8/9), Ibu Dubes Niniek  telah mengirim ucapan selamat kepada Padre Amans setelah ia setelah ia menyaksikan sendiri warisankarya bakti dre Amans Laka SVD,di Poerto Esperanza.

Ibu Duta Besar Ninek, berfoto bersama Walikota Puerto Esperanza di depan Jalan Amans Laka (sumber: FB: KBRI-Argentina)

 “Padreeee.....saya menghaturkan terima kasih karena telah menorehkan sejarah dan nama baik Indonesia di Argentina.” Begitu pesan tertulis yang dikirim Dubes  Niniek K, Naryatie melalui WA ketika itu.

Namun, Dubes RI rupanya merasa tidak cukup kalau hanya menyampaikan ucapan selamat melalui aplikasi WA. Pada 20 September 2021, ia menulis ucapan selamat secara resmi melalui surat berkop KBRI Argtina, dan surat tersebut ditandantanganinya sendiri.

Padre Amans menyatakan bahwa dirinya merasa berterimakasi, terharu dan berbagga karena  Negara Repbulik Indonesia via Ibu Dubes Niniek, sudah mengiri surat ucapan penghargaan tersebut.

Padre Amans menerangkan bahwa ucapan itu bukanlah tertuju kepada dirinya secara pribadi, melainkan juga kepada SVD sebagai sebuah serikat religius dan misionaris.

“Surat ini sudah dikirimkan juga  ke Pater Superior General di Roma, Provinsial di Mexico – Cuba,  juga ke Provinsial Timor di Atambua,” tulis Padre Amans.

Pemimpin Umum Floresku.com, Abraham R. M mengatakan, sebagai sesama warga bangsa Indonesia, khususnya sebagai sesama warga diaspora Flobamora, ia ikut berbangga atas karya pelayanan Padre Amans selama bertugas di Misiones, Agentina. 

“Padre Amans bikin bangga kita orang Flobamora. Proficiat Padre Amans!" ujarnya.

Dia berharap, kiranya pengakuan dan penghargaan dari Dubes Niniek dapat menggugah hati Pemerintah Provinsi  Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Timor Tengah Utara untuk berbuat sesuatu guna mendukung karya pelayanan yang sedang diemban oleh Padre Amans Laka SVD.. ***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS