Dukung Produktivitas Pertanian, Senator Angelo Gandeng Kementan Bantu Alsintan di Ende

redaksi - Sabtu, 04 Desember 2021 15:46
Dukung Produktivitas Pertanian, Senator Angelo Gandeng Kementan Bantu Alsintan di EndeSalah seorang dari Tim Senator Angelo saat menyerahkan bantuan Alsintan di Ende, Sabtu, 4 Desember 2021. (sumber: Rian)

ENDE (Floresku.com) - Anggota DPD RI Dapil NTT, Angelius Wake Kako (Angelo) kembali memperjuangkan aspirasi masyarakat, terutama para petani di desa-desa.

Kali ini, Senator muda yang akrab disapa Angelo itu bekerjasama dengan Kementrian Pertanian (Kementan) RI, memberikan bantuan Alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa Mesin Pompa Air kepada lima Desa di Kabupaten Ende.

Kelima Desa yang mendapatkan bantuan tersebut yakni Desa Fataatu Timur, Kecaamatan Wewaria; Desa Embu Ndoa, Kecaamatan Ende Utara; Desa Rukuramba, Kecaamatan Ende; Desa Nemboramba, Kecaamatan Ende; dan Desa Tonggo Papa, Kecamatan Ende.

Kepada media ini, Sabtu, 04 Desember 2021, Senator Angelo mengatakan bahwa kerjasama dengan Kementan RI sebagai wujud perjuangan atas aspirasi para petani yang diserapnya ketika turun ke dapil (reses) dan mendengar langsung keluhan serta kebutuhan para petani di Desa-desa.

"Salah satu kesulitan di sektor pertanian yakni soal kebutuhan air, terutama pada musim kemarau. Keluhan para petani soal pasokan air tentu berdampak pada rendahnya produktivitas pertanian bahkan sampai pada tingkat gagal panen. Ini suatu keprihatinan, selain fasilitas (teknologi/mesin) yang tentu mereka butuhkan," kata Angelo yang terus berkomitmen memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Anggota Komite II DPD RI yang juga bermitra dengan Kementan ini berharap agar bantuan Alsintan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat guna meningkatkan produktivitas pertanian dan mengatasi kesulitan yang mereka hadapi.

"Ada banyak keluhan dan aspirasi dari masyarakat yang tentu tidak semua bisa diakomodir. Namun melalui hubungan kemitraan dengan Komite II DPD RI, saya terus mengaspirasikan kebutuhan masyarakat. Semoga bantuan ini bermanfaat," harap Angelo.

Ucapan Terima Kasih

Saat dikonfirmasi media ini, Kepala Desa Fataatu Timur, Isak, menyampaikan terima kasih atas perjuangan Senator Angelo melalui bantuan Alsintas tersebut.

"Atas nama masyarakat dari 7 kelompok tani, kami ucapkan terima kasih kepada Senator AWK yang mau mendengar keluhan dan memperjuangkan aspirasi kami," ungkap Kades Isak yang juga menitipkan harapan para petani agar bisa mendapat bantuan hands tracktor guna mengolah lahan pertanian seluas 75 hektare.

Ungkapan senada disampaikan Kepala Desa Embu Ndoa, Kecamatan Ende Utara, Abubekar Gani Api.

"Atas nama masyarakat, kami ucapkan terima kasih kepada Senator Angelo yang telah memperjuangkan aspirasi kami lewat bantuan Mesin Pompa Air. Ini kerinduan kami yang sungguh mengalami kesulitan soal air. Tentu bantuan ini sangat berarti bagi masyarakat Embu Ndoa. Semoga Senator Angelo terus menjadi penyalur berkat bagi masyarakat kecil," kata Abebekar. (Rian) ***

RELATED NEWS