Dunia Terancam Kelangkaan Beras Setelah India Melarang Ekspor

redaksi - Sabtu, 22 Juli 2023 08:16
Dunia Terancam Kelangkaan Beras Setelah India Melarang EksporHarsh Singla, pemilik Penggilingan Padi (kiri) dan eksportir melihat-lihat beras di Haryana, India (sumber: news.sky.com)

NEW DELHI (Floresku.com) - Beras adalah makanan pokok terbaru di ambang krisis global menyusul larangan sebagian ekspor India. 

Pemerintah di New Delhi berharap langkah tersebut akan menurunkan harga dan meningkatkan ketersediaan di dalam negeri. Pemerintah India telah melarang ekspor beras putih non-basmati - memicu kekhawatiran akan kekurangan dan kenaikan harga di seluruh dunia.

India adalah pemasok makanan terbesar di dunia - membentuk 40 persen dari ekspor global - yang diandalkan oleh lebih dari tiga miliar orang sebagai bahan pokok. 

Tahun lalu India mengekspor sekitar 22 juta ton, yang hampir setengahnya merupakan beras non-premium yang sekarang dilarang.

Larangan itu muncul setelah harga beras melonjak 11,5 persen dalam setahun di negara itu, dan pemerintah telah memberlakukan larangan tersebut dengan harapan akan menurunkan harga dan meningkatkan ketersediaan di dalam negeri.

Di Penggilingan Padi Singla di Kurukshetra, Haryana, mereka mengekspor beras non-basmati ke banyak negara di Afrika.

Mereka punya banyak stok, tapi sekarang tidak bisa menjualnya ke beberapa orang paling rentan di dunia.

Harsh Singla adalah pemilik penggilingan padi generasi ketiga dalam bisnis keluarganya yang dimulai kakeknya pada tahun 1960. Larangan itu membuatnya menghadapi ketidakpastian dan kehilangan pendapatan - serta stok dalam jumlah besar.

“Permintaan di pasar dalam negeri juga besar, jadi jangan sampai harganya turun. Larangan itu akan mempengaruhi harga di negara importir.

"Mereka tidak akan bisa mendapatkan jumlah yang baik dari seluruh dunia, karena India adalah pemasok utama beras ini."

Dia juga prihatin dengan pelanggan Afrikanya - dan kekurangan serta kenaikan harga yang mungkin mereka hadapi.

"Banyak klien saya akan terputus karena ini. Kami tidak akan dapat memasok ke mereka. Sekarang kami harus mencari pembeli baru di pasar domestik. Larangan itu telah mengganggu jalur kami," katanya. Cuaca juga berdampak dan menjadi faktor pelarangan. 

Hujan deras dan banjir di India utara telah menghancurkan sebagian besar wilayah tempat padi ditanam.

Rob Hatchett, seorang ekonom senior di S&P Global Commodity Insights, mengatakan: "Penting untuk memahami implikasi pola El Nino terhadap produksi beras Asia.

"Tentu saja, di India, kami telah melihat tingkat curah hujan yang tidak menentu dari musim hujan India, yang menurut saya telah menimbulkan beberapa masalah pasokan."

Petani Paramjit, 57, duduk di samping ladangnya yang kebanjiran saat mengatakan kepada Sky News: "Saya telah kehilangan hampir 40% dari seluruh hasil panen saya karena hujan. Saya harus menanam padi tiga kali sekarang dan masih mengancam hujan dan menyebabkan banjir di sini."

Tentang larangan ekspor, dia berkata: "Kami dulu mendapatkan harga yang bagus untuk beras saat kami menjualnya ke eksportir, tetapi itu akan berakhir sekarang. Ini kerugian besar bagi kami, petani dan pemerintah." 

Dampak perang di Ukraina

Pasokan makanan global telah terpukul akibat perang di Ukraina. Rusia telah membom gudang dan menarik diri dari kesepakatan yang ditengahi PBB untuk membiarkan Ukraina mengekspor biji-bijian melalui Laut Hitam, memicu kekhawatiran baru akan krisis yang membayangi bagi mereka yang sangat membutuhkan.

PBB telah memperingatkan bahwa sudah ada 362 juta orang di seluruh dunia yang membutuhkan makanan dan bantuan kemanusiaan lainnya.

Koordinator Kemanusiaan PBB Martin Griffiths berkata: "Bagi banyak dari 362 juta orang itu, ini bukan masalah kesedihan atau kekecewaan. Ini masalah ancaman bagi masa depan mereka dan masa depan anak-anak mereka serta keluarga mereka.

"Mereka tidak sedih. Mereka marah. Mereka khawatir. Mereka khawatir. Beberapa akan kelaparan. Beberapa akan kelaparan. Banyak yang mungkin mati."

Keputusan pemerintah untuk memberlakukan larangan tersebut muncul karena menghadapi kritik yang meningkat atas tekanan inflasi pada pendapatan rumah tangga, termasuk kenaikan harga pangan.

Dengan pemilihan umum kurang dari satu tahun lagi, mereka tidak mau mengambil kesempatan lagi.

Tetapi ketidakamanan harga global dan ketersediaan pasokan makanan mungkin merugikan mereka yang paling rentan di beberapa negara termiskin di dunia. (Silvia/news.sky.com). ***

RELATED NEWS