Enam Menu Tradisional Nusantara yang Pantas Diciipi

redaksi - Jumat, 19 Januari 2024 10:19
Enam Menu Tradisional Nusantara yang Pantas Diciipi'Nasi dan daging bambu', salah satu masakan tradisional NTT (sumber: Istimewa)

ENDE (Floresku.com) - Mari Makan!’ Seperti banyak negara Asia, Indonesia juga kaya akan pangan. Masakannya penuh rasa dan sebagian besar hidangan tradisional disajikan dengan nasi alias “nasi”. 

Ini adalah beberapa menu favorit yang dapat Anda nikmati ketika Anda berkeliling Indonesia, tak terkecuali ke kawasan Flores, Nusa Tenggara Timur.

1.NASI GORENG
Nasi goreng – makanan khas Indo yang tersedia di sebagian besar dapur jalanan hingga restoran mewah. Anda tidak dapat mengunjungi Indonesia tanpa Nasi Goreng! Hidangannya penuh rasa dan memiliki semua kelezatan di dalamnya. Kami menyukainya! Nasi Goreng tradisional rasanya pedas, jadi ingatlah untuk memesan sesuai toleransi cabai Anda. 

2. BIR BINTANG
‘Satu Lagi!’ –  Oh, Bintang. Bir pucat yang terkenal di Indonesia. Adakah yang lebih baik daripada menikmati Bintang sedingin es di pantai saat matahari terbenam? 

Bir AKAN terasa lebih enak jika diminum menemani menu yang diajikan oleh rumah makan atau restoran di kawasan pantai.


3.MIE GORENG
Mie goreng – nasi goreng versi mie. Jika Anda ingin menyantap makanan lokal tetapi menginginkan sesuatu tanpa nasi, Mie Goreng adalah pilihan Anda. 

Biasanya disajikan dengan sayuran, ayam, atau makanan laut.


4. KELAPA SEGAR
Barang lokal Indo: Kelapa Segar alias 'kelapa'. Gatorade alami ini penuh dengan elektrolit dan akan membuat Anda tetap terhidrasi dalam cuaca panas. 

Paling enak disajikan dingin setelah jalan-jalan atau setelah berselancar di tengah gulungan obak! 

Pro-tip: tambahkan sedikit jeruk nipis agar lebih segar dan jangan lupa mencoba dagingnya juga.
 

5. NASI CAMPUR
Hidangan nasi ala pick and mix yang hemat anggaran ini merupakan hidangan lokal di Bali. Anda dapat memilih dari banyak pilihan berbeda dengan daging, sayuran, ikan, dll. Sebut saja!
 

6. PISANG GORENG
Pisang goreng – jajanan khas Indonesia. Anda harus mencobanya segar dan hangat. Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 200 jenis pisang yang tumbuh di Indonesia?

7.KOPI

Mengecek ombak pagi hari sambil menyeruput kopi hitam  adalah kepuasan yang berbeda. Indonesia terkenal dengan kopinya dan masyarakat setempat menyukai kopi manisnya. 

Jika Anda tidak menyukai kopi manis, ingatlah untuk memesan kopi Anda dengan sedikit atau tanpa gula dan nikmatilah! Dan, apabila Anda sedang berlibur di Flores, jangan lupa memesan dan menyeruput kopi lokal yang beraroma unik, Kopi Manggarai atau Kopi Bajawa. ***

RELATED NEWS