Fikes Unika St Paulus Ruteng Tandatangani MoU Kerja Sama dengan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

redaksi - Sabtu, 26 Februari 2022 19:34
Fikes Unika St Paulus Ruteng Tandatangani MoU Kerja Sama dengan Fakultas Keperawatan Universitas AirlanggaPenandatanganan MOU: Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, David Djerubu (kiri) dan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Santu Paulus Ruteng sebelah kiri. Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Kanan). (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) – Fakultas Ilmu Kesehatan, Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng menandatangai  MOU (Memorandum of Understanding) dengan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya, bertempat di gedung Aula Missio Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng, pada Sabtu 26 Februari 2022.

Acara penadatanganan MOU kerja sama yang berfokus pada pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, Prof. Dr. Ah. Yusuf, S. Kep., M.Kes bersama Wakil Dekan II, Dr. Esti Yunitasari, S.Kp., M.Kes serta Wakil Dekan III, Dr. Joni Haryanto, D.Kep., M.Si.

Terpantau, Dekan Fakultas Keperawatan bersama Wakil Dekan Universitas Airlangga diterima secara adat Manggarai sebelum memasuki ruangan pelaksanaan kegiatan.

Adapun pelaksanaan kerja sama ini dibuat karena adanya kesepakatan dan perjanjian yang didasari oleh keinginan dari kedua belah pihak untuk saling membantu dan juga menguntungkan dengan berpedoman pada peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku. Lebih dari itu, kedua belah pihak sepakat bahwa kerja sama ini bertujuan; Pertama, meningkatkan penyelenggaraan pendidikan keperawatan, Kedua, meningkatkan penelitian dan pengembangan ilmu serta teknologi di bidang kesehatan, Ketiga, meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya meningkatan kesehatan masyarakat, Keempat, meningkatkan alih kemampuan dan tekhnologi di bidang keperawatan khususnya bagi peningkatan SDM pihak kedua oleh pihak pertama.

Sebelum proses penanda tanganan berita acara kerja sama dilangsungkan, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng terlebih dahulu menyampaikan sambutannya.

Pada kesempatan itu, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, David Djerubu, S.Fil., MA menjelaskan lahirnya Fakultas Ilmu Kesehatan.

"Kampus kami bernaung di bawah lembaga Keuskupan Ruteng. Sejarah lahirnya fakultas ilmu kesehatan itu didasari oleh lahirnya perhatian gereja dalam bidang kesehatan. Sehingga demikian, gereja mulai memperhatikan bidang kesehatan, lalu mulai mendirikan kedua program studi kesehatan yakni Program studi Sarjana Keperawatan dan Ahli Madia III Kebidanan" jalasnya.

Dekan fakultas itu juga menjelaskan tentang konsentrasi visi fakultas ilmu kesehatan yang menekankan tentang budaya karakter diri.

"Alasan budaya, lahirnya visi yang lebih menekankan tentang karakter," terang Pater David Djerubu Imam SVD tersebut.

Tidak hanya itu, di hadapan Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dan para dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng itu juga memaparkan keberadaan dosen Fakultas Ilmu Kesehatan, khusunya Prodi Sarjana Keperawatan.

Sementara terkait proses selanjutnya, Dekan Fakultas itu menjelaskan tentang kerja sama dengan universitas Airlangga. Ia memiliki tekad untuk melanjutkan studi dari beberapa dosen di Universitas Airlangga tersebut.

"Untuk dosen, kami tekadkan agar mengambil studi lanjut di Universitas Airlangga ke depannya", tambahnya.

Tidak hanya itu, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas santu Paulus itu juga memaparkan rencana pengembangan fakultas ke depannya.

Rencana tersebut di antaranya adalah meningkatkan kualifikasi dan kualitas kompetensi; membuka Prodi Sarjana Kebidanan tahun 2022, kerja sama prodi dan PT di luar negeri; Kerja sama dengan pengguna lulusan dan; Promosi lintas negara dan daerah serta; Bangun rumah sakit pendidikan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Airlangga. Prof. Dr. Ah. Yusuf, S. Kep., M.Kes dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng yang telah bersedia membangun kerja sama dengan universitas Airlangga, khususnya Fakultas Keperawatan.

"Kami mencoba setiap mahasiswa kami untuk selalu berinovasi dengan berbasis caring dan moralitas. Hal ini didasari oleh visi misi fakultas kami," ungkapnya.

"Kami siap berkolaborasi dengan dosen fakultas kesehatan ilmu keperawatan unika St. Paulus Ruteng jika ada karya-karya ilmiah berupa hasil penelitian dan bersedia menyiapkan publikasi jurnal ilmiah," tambahnya.

Selanjutnya, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Unika, Dr. And Purnawati., M.Hum mewakili Rektor Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng menerangkan bahwa salah satu Renstra Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng menjalin kerja sama dengan 10 universitas terbaik di Indonesia.

"Kami sangat berharap menjadi bagian dari universitas Airlangga untuk beberapa program kegiatan mahasiswa dan dosen kami," terangnya. (Jivansi). ***

RELATED NEWS