FKIP Unika Ruteng Siap Gelar Konferensi Internasional Akhir Pekan Ini, Hadirkan 51 Pemakalah dari Mancanegara

redaksi - Selasa, 20 Juni 2023 09:11
 FKIP Unika Ruteng Siap Gelar Konferensi Internasional Akhir Pekan Ini, Hadirkan 51 Pemakalah dari MancanegaraInternational Conference on Humanities, Education, Language and Culture (ICHELAC) akan di gelar di Unika St Paulus Ruteng, pada 23-24 Juni 2023. (sumber: Jivansi/Humas Unika St Paulus Ruteng)

RUTENG (Floresku.com) - Fakultas  Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) St Paulus Ruteng akan menggelar konferensi internasional pada 23 – 24 Juni, akhir pekan ini. 

Konferensi Internasional bernama International Conference on Humanities, Education, Language and Culture (ICHELAC) merupakan edisi ketiga sejak pertama kali dihelat pada tahun 2021 lalu. 

The 3rd ICHELAC yang akan dilangsungkan secara virtual itu, menghadirkan 51 penyaji makalah (pemakalah) yang berasal dari berbagai negara. 5 (lima) akademisi dari 3 negara akan menjadi pembicara utama (Keynote Speaker), yaitu, Prof Michelle Picard dari Finders University, Australia, Prof. Jeane Peracullo daro De la Salle University, Philipina, Prof. Ni Nyoman Padmadewi, M.A. dari Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia, Prof. Yohanes Servatius Lon, M.A dari Unika Santu Paulus Ruteng, Indonesia, dan Dana Yuda Kristiawa, Ph.D (C) dari The University of Newcastle, Australia.

Dr. Hironimus Darong, M.Pd selaku Ketua Panitia The 3rd ICHELAC ini dalam keterangan tertulisnya menyatakan bahwa konferensi ini merupakan momen berbagi pengetahuan, pengalaman dan temuan ilmiah. 

“The 3rd  ICHELAC merupakan sebuah diskursus ilmiah bagi para ahli, peneliti, dan praktisi dari berbagai negara untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan temuan terbaru dalam bidang tertentu”, tulisnya.

Dr. Rony juga menambahkan bahwa melalui kegiatan konferensi ini, akan terjalin kerja sama yang baik untuk meningkatkan kompetensi akademik dan professional antarakademisi. 

“Selain itu konferensi 3rd  ICHELAC merupakan salah satu ruang kolaborasi, wadah desiminasi hasil penelitian dan ajang membangun jaringan yang dapat dapat meningkatkan kemitraan akademik dan professional”, imbuhnya.

Mengakhiri keterangannya, Dr. Rony menginformasikan data terkait jumlah presenter dan paper yang sudah masuk dan akan disajikan dalam konferensi kali ini. 

“Rencananya akan hadir 5 Keynote Speakers,  tiga  dari luar negeri -dua dari Australia dan satu dari Filipina-, dan 2 dari dalam negeri yaitu dari Unesha dan Unika Ruteng. 

Selain itu akan hadir 51 pemakalah, dimana 34 sudah mengumpulkan artikel ilmiah, sisanya sudah mengumpulkan abstrak dan sedang menyelesaikan  artikelnya.

"Dari 51 pemakalah tersebut, empat di antaranya berasal dari luar negeri, sisanya berasal dari berbagai kampus di Indonesia,” tutupnya.

Konferensi internasional ini rencananya akan dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP Unika St Paulus Ruteng, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si. 

Kegiatan ini akan berlangsung secara virtual dengan menggunakan platform media zoom meeting. 

Selain itu, kegiatan yang sama akan dapat diikuti melalui kanal youtube Unika St Paulus Ruteng. (Jivansi). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS