'Flores The Singing Island Festival,' Digelar Secara Virtual pada 17 Agustus 2021, Klik TikTok-nya di Sini!

redaksi - Sabtu, 14 Agustus 2021 18:07
'Flores The Singing Island Festival,'  Digelar Secara Virtual pada 17 Agustus 2021, Klik TikTok-nya di Sini!Tik Ttok 'Flores The Singing Island Festival' (sumber: Secreenshoot Tit Tok)

JAKARTA (Floresku.com) - Hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 76 tahun ini akan dirayakan  secara berbeda di Flores dan merupakan kado pulau itu untuk negara dan seluruh rakyat Indonesia. Sebuah parade musik  virtual  yang diberi nama FLORES THE SINGING ISLAND FESTIVAL akan digelar pada tanggal 17 Agustus  jam 14:00 WIB melalui kanal you tube Kementerian Pariwisata dan kanal BOPLF dan NESTORNATION pada hari berikutnya.

Sebagai pemanasan untu Festival tersebut,  pada Sabtu, 14 Agustus 2021, sore, FDP Dona Parera mengunggah video tik tok, berdurasi 48 detik, bertajuk, “Flores The Singing Island Festival.”

Digagas musisi Flores oleh Ivan Nestorman

Festival ini diketahui digagas oleh musisi Neotradisi asal Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Ivan Nestorman pada Februari 2021 lalu.  Ivan  mengagas acara "Flores Human Orchestra" dengan menghimpun 10 ribu orang Flores untuk bernyanyi sebagai upaya membranding "Flores is the Singing Island."

Adapun kegiatan "Flores the Singing Island" didukung penuh oleh Badan Otorita Pariwisata-Labuan Bajo Flores (BOP-LBF) ini akan digelar pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang di 8 Kabupaten yang ada di wilayah Flores dengan panggung utama di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Ivan Nestorman mengatakan bahwa ide itu terbersit saat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengunjungi Labuan Bajo, beberapa waktu lalu.

"Ide itu disetujui. Panca indra pendengaran perlu dimanjakan dengan musik agar wisatawan menjadi puas. Namun kegiatan itu harus memenuhi protokol kesehatan," kata Ivan, meniru ucapan Sandiaga.

Sementara Direktur Utama BOP-LBF, Shana Fatina mengungkapkan bahwa kekayaan budaya Flores harus terus digaungkan.

Hanya secara virtual

Berbeda dengan  rencana awal yang akan  menampilkan 10 ribu penyanyi yang akan tampil secara simultan dari kabupaten-kabupaten  di Flores, maka festival ini hanya dapat dinikmati secara virtual melalui platform medsos  terutama you tube. Masyarakat Flores  diharapkan  turut serta bernyanyi dari rumah mereka masing-masing  lagu tema festival yang sudah disebarkan.

Suguhan virtual ini merupakan pilihan terbaik saat ini ditengah  pandemi yang melanda dunia.

Shana Fatina, dirut BPOLF,   badan yg mendukung kegiatan ini menyatakan Flores sudah dikenal tentang keindahan alamnya, kini saatnya budayanya yang luarbiasa diperkenalkan.

Penggagas festival pemusik Ivan Nestorman berharap festival ini memberi brand baru kepada pulau indah itu sebagai Pulau bernyanyi atau The singing island.
Festival ini melibatkan 100 an lebih pemusik Flores baik dari  pulau itu maupun diaspora.

Storynomic:

Jaap Kuns, etnomusikog terkenal Belanda pernah mampir di Flores dan merekam  musik musik di sana pada tahun 1930.Dia mengutararakan bahwa meskipum dia datang dengan harapan tinggi ke pulau itu, tetap saja ia terkagum kagum melihat kenyataan musikal yang dijumpai di sana baik berupa alat musik maupun ragam nyanyian masyarakat yang unik.

Ketika ia mengikuti sebuah festival di Yugoslavia, ia langsung teringat Flores karena apa yang didengarnya sama dengan yang didengarnya di Flores Timur.Ia menyimpulkan  bahwa pelaut pelaut Portugis mempunyai banyak crew kapal dari Eropa Timur yang lebih murah bayarannnya.Di Flores , tentu dalam jangka waktu lama telah terjadi pertemuan budaya yang cukup intens.

Di samping harmonisasi yang banyak menggunakan paralel tertz, orang Flores banyak juga menyajikan polifoni, onomatope instrumen musik dalam warna warna lagu dengan penyajian call and respond.Bernyanyi koral merupakan suguhan umum di Flores.Di enklaf Tanjung Bunga mereka mempunyai cara bernyanyi dua bagian dengan harmoni yang rapat seakan akan kedengaran disonan.

Flores menyimpan banyak irama yang khas semisal dolo dolo, bladu bladat, gawi, jai, mbata ,ndundundake.

Dalam festival ini selain indegenous music, musik neotradisi turut ditampilkan. (MAR)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS