Gandeng WVI dan Forum Anak Nagekeo, Pemdes Rowa dan Wea Au Bentuk Forades

redaksi - Sabtu, 27 Maret 2021 22:22
Gandeng WVI dan Forum Anak Nagekeo, Pemdes Rowa dan Wea Au Bentuk ForadesForades Wea Au (sumber: null)

Perwakilan anak peserta kegiatan Pembentukan Forades Wea Au, di Desa Wea Au, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Foto: Dok.WVI)

BOAWAE (Floresku.com) - Pemerintah Desa Rowa dan Pemerintah Desa Wea Au, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo, membentuk Forum Anak Desa di desanya masing-masing. Pembentukan Forum Anak Desa ini dilakukan secara terpisah di Kantor Desa Rowa dan Kantor Desa Wea Au, pada Jumat, 26 Maret 2021 lalu. 

Kepala Desa Rowa, Dedi Safrinus Wili Wale, mengatakan  pemerintah Desa Rowa sudah membentuk Forum Anak Desa Rowa pada Selasa, 23 Maret 2021. 

"Dan sudah secara resmi kami sahkan sebagai organisasi anak di tingkat desa Rowa,” ujar Dedi Safrinus. 

Dedi menambahkan kalau pembentukan Forum Anak Desa Rowa ini menjadi kolaborasi kemitraan Pemerintahan Desa Rowa dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) AP  Nagekeo-Ngada, Forum Anak Nagekeo dan  Dinas PMDP3A Kabupaten Nagekeo. BOAWAE (Floresku.com) - Pemerintah Desa Rowa dan Pemerintah Desa Wea Au, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo, membentuk Forum Anak Desa di desanya masing-masing. Pembentukan Forum Anak Desa ini dilakukan secara terpisah di Kantor Desa Rowa dan Kantor Desa Wea Au, pada Jumat, 26 Maret 2021 lalu. 

“Terus terang, kami merasa sangat terbantu dengan kehadiran mitra-mitra ini, terutama Wahana Visi Indonesia, dalam upaya pemberdayaan anak di desa Rowa. Forum Anak ini sebenarnya lahir dari kerinduan anak untuk bisa memiliki kelompok anak tingkat desa sebagai wadah aktualisasi diri anak dan menyuarakan aspirasi dan kebutuhan mereka sebagai anak,” ungkap Dedi. 

Ia berharap, usai pembentukan ini, anak-anak desa Rowa yang tegabung dalam Forades bisa lebih giat mengaktualisasikan diri dengan dampingan Pemerintah Desa dan mitra-mitra terkait. 

Sementara itu Wilibaldus Mutu, Kepala Bidang Kelembagaan dan Peningkatan Kapasitas pada Dinas PMDP3A Kabupaten Nagekeo, mengapresiasi pembentukan Forades Rowa ini. 

“Mewakili Kepala Dinas, kami menyampaikan apresiasi dan proficiat kepada adik-adik, anak-anak desa. Rowa dan Pemerintah Desa Rowa atas pembentukan Forum Anak Desa ini. Gunakan Forum Anak ini sebagai forum untuk meningkatkan kemampuan berorganisasi dan juga mengaktualisasikan diri kalian. Kami berharap, dari forum ini, lahir pemimpin-pemimpin masa depan untuk desa Rowa dan  juga untuk Kabupaten Nagekeo ini kelak,” tutur Wilibaldus dalam sambutannya. 

Selain itu, Wahana Visi Indonesia AP Nagekeo-Ngada (WVI AP NADA), sebagai mitra Pemerintah Desa Rowa, turut mendukung penuh kehadiran Forum Anak Desa Rowa ini. Manager WVI AP NADA, Otis Kawer Wakerkwa, melalui Koordinator Pendidikan WVI AP NADA, Mordekhai Lalong, menyatakan siap mendukung Pemerintah Desa Rowa dan memfasilitasi pemberdayaan Forades Rowa melalui pendampingannya. 

“WVI siap mendampingi Forades Rowa melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan anak. Kami juga mendukung kehadiran Forades ini dan akan bekerjasama dengan mitra terkait, terutama dengan pemerintah Desa Rowa, guna mewujudkan mimpi anak desa Rowa untuk hidup utuh sepenuhnya,” ujar Mordekhai. 

Forades Wea Au

Pada hari yang sama, Pemerintah Desa Wea Au juga membentuk Forum Anak Desa (Forades) Wea Au. Pembentukan Forades Wea Au ini dilakukan di Kantor Desa Wea Au, dihadiri oleh perwakilan anak dari masing-masing sekola dan dusun se-desa Wea Au, para guru, tokoh masyarakat, BPD, perwakilan WVI AP NADA, perwakilan Forum Anak Nagekeo, dan Tim P3A dari Dinas PMDP3A Kabupaten Nagekeo. 

Kepala Desa Wea Au, Vitus Lado, menyampaikan dukungan dan kebanggannya atas kehadiran Forum Anak di desa Wea Au. Ia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Forum Anak Nagekeo, WVI AP NADA, Dinas PMDP3A Kabupaten Nagekeo, dan juga dukungan dari orang tua dan tokoh masyarakat atas pembentukan Forades Wea Au ini.  

“Atas nama Pemerintahan Desa Wea Au, saya menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak terhadap pembentukan Forum Anak Desa Wea Au ini. Kami sangat bangga, anak-anak kami ternyata punya bakat kepeminpinan. Kami siap mendukung mereka melalui Forum Anak Desa ini, ke depannya,” ujar Vitus. Vitus juga berjanji akan menyediakan secretariat bagi Forades Wea Au dan juga dukungan kebijakan dan anggaran untuk forum anak desa tersebut. 

Senada dengan Pemerintah Desa Wea Au, Dinas DPMDP3A Kabupaten Nagekeo dan WVI AP NADA, sebagai mitra pemberdaya anak dan perempuan, menyampaikan dukungan dan apresiasi atas kehadiran forum Anak Desa Wea Au. Vinsensius Je Mbupu, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (P3A) pada Dinas PMDP3A Kabupaten, menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh Dinas PMDP3A kepada Forades Wea Au. 

“Pemerintah Kabupaten Nagekeo melalui Dinas PMDP3A siap mendukung Forades Wea Au ini. Kehadiran Forades Wea Au hari ini juga turut mendukung program Pemerintah Nagekeo untuk menjadikan Nagekeo sebagai Kabupaten Layak Anak,” ujar Vinsensius. 

Ia menambahkan bahwa Forades Wea Au menjadi salah satu Forades dari sebelas Forades yang akan dibentuk dalam tahun 2021 ini. Sedangkan Fasilitator Pemberdaya WVI AP NADA untuk Desa Wea Au, Siprianus Wio Koe, menyampaikan kesiapan WVI untuk mendukung dan mendampingi Forades Wea Au di waktu yang akan datang. Siprianus menegaskna bahwa sebagai mitra pemerintah dan organisasi yang mendukung tumbuh-kembang anak, WVI siap mendampingi Forades Wea Au dalam kegiatan-kegiatannya ke depan. 

Kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Forades di desa Rowa dan Desa Wea Au ini juga difasilitasi oleh Forum Anak Nagekeo. Empat pengurus Forum Anak Nagekeo, Bernadino Realino Sola, Yohana O.A.D Tnomat, Teklania Eta dan Ildefonsus Zuanda Dunas, tampil meyakinkan sebagai fasilitator anak dan pembicara dalam kegiatan tersebut. 

Bernadino dan Yohana memfasilitasi proses pembentukan Forades Wea Au sedangkan Teklania dan Ildefonsus memfasilitasi pembentukan Forades Rowa. Para Pengurus Forum Anak Nagekeo ini berkesempatan membagikan pengalaman dan manfaat yang mereka peroleh saat bergabung dalam Forum Anak. Selain pembicara anak dari Forum Anak Nagekeo, kegiatan tesebut juga diiisi dengan pemaparan materi Perlindungan Anak oleh Maria Paskanita Mane dari WVI AP NADA. 

Pembentukan Forades Rowa dan Forades Wea Au ini dihadiri oleh perwakilan anak  kedua desa yang terdiri dari pelajar SD, SMP dan SMK/SMA yang berasal dari  wilayah kedua desa tersebut. Dalam kegiatan tersebut, perwakilan anak-anak desa Rowa  yang hadir memilih Ferren Gabriela Dongi, pelajar SMP Negeri 6 Boawae, sebagai Ketua Forum Anak Desa Rowa. Sedangkan Yohanes Saze Doa, pelajar SMA Negeri 1 Boawae, didaulat perwakilan anak desa Wea Au sebagai Ketua Forum anak Desa Wea Au. Keduanya masing-masing akan memimpin Forades Rowa dan Forades Wea Au untuk kurun waktu 2021-2023. (MRD*)

RELATED NEWS