Gebyar 2024 SMK Sekabupaten Matim: SMKN I Pocoranaka Tampilkan Beberapa Produk

Redaksi - Sabtu, 18 Mei 2024 12:19
Gebyar 2024 SMK Sekabupaten Matim: SMKN I Pocoranaka Tampilkan Beberapa ProdukBeberapa produk yang ditampilkan siswa-siswi SMKN I Pocoranaka, dalam acara Gebyar 2024 SMK Sekabupaten Matim, Sabtu (18/5). (sumber: Filmon Hasrin)

BORONG (Floresku.com) -  SMKN I Pocoranaka, Manggarai Timur (Matim) berpartisipasi Gebyar SMK Sekabupaten Manggarai Timur yang dilaksanakan di SMK Tiara Nusa sejak tanggal 16 hingga 18 Mei.

Salah seorang guru SMKN I Pocoranaka, Yohana mengatakan Gebyar atau Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah ruang untuk siswa-siswi SMK untuk menampilkan hasil karya. 

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai proses perkembangan kerangka berpikir anak-anak dan mengasah mental manampilkan diri di tengah orang banyak. 

"Produk yang ditampilkan di sini adalah produk yang mereka buat. Ini adalah pengalaman luar biasa untuk menambah semangat berinovasi," ungkapnya.

Menurut Yohana, tidak ada cara lain, siswa-siswi harus mempraktikan ilmu yang diperoleh dari kelas dan tentu saja itu sebagai modal masa depan mereka di tengah persaingan ekonomi global yang begitu ketat.

 Selain itu, dia menambakan, siswa-siswi juga harus mampu membaca peluang bisnis ke depan untuk membuka usaha sendiri, karena itu ia berharap agar siswa/siswi bisa memanfakan waktu dan kemampuan dengan baik.

"Tetap berjuang dan berinovasi, mandiri, kalau mereka produktif maka bisa mengurangi pengangguran," tegas guru Usaha Perjalanan Wisata itu.

Salah seorang siswi Kelas XI, Amelia Pepina Kantur yang berminat di jurusan Wisata merasa bangga karena bisa mengikuti kegiatan besar yaitu Gebyar SMK. 

Menurut dia, kegiatan ini adalah suatu kesempatan emas selain menampilkan hasil karya tetapi siswa/siswi juga bisa mendapatkan pengetahuan dari teman lainnya.

"Kegiatan ini sangat berguna, partisipasi dari semua sekolah yang berada di Matim, tentu mereka menampilkan produk-produk yang mereka buat," ungkap Amelia.

Lebih lanjut Amelia, Gebyar SMK juga sebagai ruang belajar membangun relasi baru di mana siswa-siswi bisa saling mengenal, berdiskusi, dan mengetahui produk dari sekolah lain.

 "Bertemu teman baru, mengetahui hasil produk dari sekolah lain, dan mendapatkan ide baru," jelasnya.

Pantauan media ini, produk yang ditampilkan SMKN I Pocoranaka yakni; balibelo, stik labu kuning, kripik talas balado, rempeyek kacang tanah, akar kelapa, jasuke, es boba, bokasi, hidroponik, mol, kokpit, dan arang sekam. (Filmon Hasrin).

RELATED NEWS