Gelar Rapat Perdana Bersama 18 Kades, Plt Camat Ruteng Sampaikan Enam Poin Berikut

redaksi - Minggu, 22 Agustus 2021 18:36
Gelar Rapat Perdana Bersama 18 Kades,  Plt Camat Ruteng Sampaikan Enam Poin BerikutPlt Camat Ruteng, Lody Moa dalam Rapat Perdana Bersama 18 Kades se-Kecamatan Ruteng (sumber: Humas Kemamatan Ruteng/Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Pada hari pertama menjalankan tugas pelayanan sebagai Plt Camat Ruteng, Lodovikus Demung Moa, S.Kep.,M.Sc yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Setda Kabupaten Manggarai, langsung menggelar rapat perdana bersama 18 Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Ruteng. Rapat dilangsungkan di Aula Kantor Camat Ruteng, pada Jumat (20/08/21).

Dalam arahannya, Lody Moa menyampaikan  bahwa jabatan yang kita emban, baik sebagai Camat maupun Kepala Desa, Kepala Dusun, Rt/Rw adalah sebuah Kepercayaan dan Tugas Pelayanan. Sebab, memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang dilayani adalah sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar, kerja yang profesional, jujur, tulus, disiplin, dan mesti menggunakan hati nurani.

"Kita semua diminta untuk membangun Koordinasi dan Komunikasi dengan semua pihak, bentuk tim yang solid agar semua program dan kegiatan di Desa dapat terselesaikan sesuai jadwal dan dencana," terang Lody Moa.

Pada kesempatan yang sama, Plt.Camat Ruteng, Lody Moa membahas dan membedah berbagai persoalan yang tengah dan akan dihadapi pemerintah Kecamatan, Desa/Kelurahan dan warga masyarakat kecamatan Ruteng, terutama di saat pandemi Covid-19, yang meruntuhkan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat di Kecamatan Ruteng, terutama masalah pendidikan, ekonomi, kesehatan,  dan sosial budaya.

Enam poin penting

Selain itu, Lody Moa juga menyampaikan enam poin penting  supaya menjadi perhatian para kepala desa dalam penanganannya.

Pertama, terkait evaluasi pelaksanaan dan pertanggung jawaban penggunaan dana desa pada pencairan tahap pertama tahun 2021 yang diperuntukan bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Ruteng.  Terutamauntuk  mempercepat progres pembagian BLT yang bersumber dana desa dan persiapan pelaksanaan Pilkades serentak serta Evaluasi penggunaan anggaran 8 persen dari dana desa untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kecamatan Ruteng.

Terkait anggaran 8 persen dari dana desa untuk penanganan Covid-19, Camat Ruteng Lody Moa, meminta kepada para kepala desa yang Juga menjabat sebagai Ketua Satgas Covid-19 tingkat desa untuk segera menyiapkan salah satu atau dua dumah di desa untuk dijadikan ‘Tempat Isolasi Terpusat’ bagi warga desa yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Kedua, Plt Camat Ruteng juga meminta perhatian para kepala desa, untuk memperhatikan disiplin kerja, baik disiplin kerja para kepala desa maupun juga disiplin kerja seluruh perangkat desa di wilayah Kecamatan Ruteng. Ia juga  kepada seluruh kepala desa dan aparat desa se-Kecamatan Ruteng untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Jangan sampai ada warga masyarakat yang kecewa dan tidak puas karena pelayanan kita yang kurang baik," ungkapnya.

Lebih dari itu, Plt. Camat Ruteng meminta komitmen seluruh kepala desa dan perangkat desa untuk bekerja keras dan kerja cerdas menyukseskan seluruh agenda dan program kerja pemerintah Kabupaten Manggarai sehingga Visi Bupati dan Wakil Bupati Manggarai yakni “Manggarai yang Maju, Adil dan Berdaya Saing,” bisa terwujud.

Lebih jauh, Plt. Camat Ruteng, Lody Moa mengharapkan para kepala Desa untuk melakukan terobosan dan inovasi di desa demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Ketiga, pelaksanaan ‘Sabtu Bersih.’ Camat Lody meminta agar seluruh kepala desa dan perangkat desa  mengorganisir warga masyarakat untuk melaksanakan kerja bakti bersama setiap hari Sabtu di wilayah Desa/Kelurahan, Dusun, RT/RW se-Kecamatan Ruteng.

Camat Lody Moa meminta kepala desa dan seluruh perangkat sesa sebagai penggerak warga masyarakat di Kecamatan Ruteng untuk membersihkan lingkungan dan drainase di wilayah desa masing-masing.
Camat Lody, memberikan perhatian khusus bagi para kepala desa dan lurah yang wilayah kerjanya berada di sepanjang jalan utama (jalan Negara/Kabupaten/Desa) agar wajib membersihkan semua sampah, terutama sampah plastik yg tersebar disepanjang tepi jalan.

Keempat, Camat Lody Moa, meminta semua kepala desa untuk membuat ‘Daftar Inventaris Masalah’ yang ada di wilayah desa masing.  Ia juga memintas supaya setelah dibuat, daftar tersebut  segera dilaporkan, untuk menjadi prioritas penanganan dan penyelesaian. 

Ia juga meminta agar para kepala desa dan seluruh perangkat desa, sedari awal melakukan deteksi dini terhadap semua potensi dan bibit masalah yang mungkin dan akan terjadi di  wilayah desa masing-masing.

Kelima, demi membantu mengurai kemacetan pada saat jam aktivitas padat di perempatan Jalan Negara Cancar-Ruteng, Camat Lody berjanji akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai, untuk menempatkan pegawai Dishub pada setiap jam kerja.

Keenam, Camat Lody Moa  bertekad  akan berkantor secara bergilir di setiap desa di Kecamatan Ruteng untuk memastikan para kepala desa dan seluruh perangkat pemerintahan desa memberikan pelayanan yang maksimal terhadap seluruh warga di wilayah desa se-Kecamatan Ruteng. (Jivansi)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS