Gempa Dasyat yang Guncang Turki dan Suriah Renggut Sekitar 8000 Nyawa

redaksi - Rabu, 08 Februari 2023 10:27
Gempa Dasyat yang Guncang Turki dan Suriah Renggut Sekitar 8000 NyawaDampak gempa bumi dasyat di Turki dan Suriah, Senin (6/2) (sumber: edition.cnn.com)

TURKI (Floresku.com) - Gempa bumi  dahysat yang mengguncan  Turki dan Suriah, Senin, 6 Februari 2022  adalah salah satu yang paling mematikan abad ini. Hampir 8.000 orang dilaporkan tewas dan puluhan ribu lainnya terluka.

Ribuan bangunan runtuh di kedua negara dan lembaga bantuan memperingatkan dampak "bencana" di Suriah barat laut, di mana jutaan orang yang rentan dan terlantar sudah mengandalkan dukungan kemanusiaan. 

Upaya penyelamatan besar-besaran sedang dilakukan dengan komunitas global yang menawarkan bantuan dalam operasi pencarian dan pemulihan. 

Peta lokasi gempa Turki dan Suriah, Senin 6 Februari 2023 (Sumber: edition.cnn.com).

Sementara itu, badan-badan telah memperingatkan bahwa korban jiwa akibat bencana tersebut dapat meningkat secara signifikan. Inilah yang kami ketahui tentang gempa dan mengapa itu sangat mematikan. 

Di mana gempa itu terjadi? 

Salah satu gempa bumi terkuat yang melanda wilayah tersebut dalam satu abad mengguncang penduduk dari tidur mereka pada dini hari Senin sekitar pukul 04.00. 

Gempa tersebut terjadi 23 kilometer (14,2 mil) timur Nurdagi, di provinsi Gaziantep Turki, pada kedalaman 24,1 kilometer (14,9 mil), kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). 

Orang-orang yang terbungkus selimut melihat puing-puing saat pencarian korban berlanjut setelah gempa, di Aleppo, Suriah, Selasa (7/2).

Bagi warga Suriah yang hancur akibat perang saudara, akibat gempa adalah 'krisis dalam krisis' Serangkaian gempa susulan bergema di seluruh wilayah dalam beberapa jam setelah insiden awal. 

Gempa susulan berkekuatan 6,7 terjadi 11 menit setelah gempa pertama melanda, tetapi gempa terbesar, yang berukuran 7,5 skala Richter, melanda sekitar sembilan jam kemudian pada pukul 13:24, menurut USGS. 

Gempa susulan berkekuatan 7,5 itu, yang melanda sekitar 95 kilometer (59 mil) utara gempa awal, adalah yang terkuat dari lebih dari 100 gempa susulan yang telah tercatat sejauh ini. 

Tim penyelamat sekarang berpacu dengan waktu dan elemen untuk menarik korban selamat keluar dari bawah puing-puing di kedua sisi perbatasan. Lebih dari 5.700 bangunan di Turki telah runtuh, menurut badan bencana negara itu. 

Gempa hari Senin juga merupakan salah satu yang terkuat yang pernah dialami Turki pada abad terakhir – gempa berkekuatan 7,8 melanda timur negara itu pada tahun 1939, yang mengakibatkan lebih dari 30.000 kematian, menurut USGS. (Sumber: edition.cnn.com). ***

RELATED NEWS