Google Sediakan Informasi Ketika Informasi Pribadi Anda Muncul di Hasil Pencarian

redaksi - Minggu, 13 Agustus 2023 19:38
Google Sediakan Informasi  Ketika Informasi Pribadi Anda Muncul di Hasil PencarianKini Google Sediakan Pemberitahuan Ketika Informasi Pribadi Anda Muncul di Hasil Pencarian (sumber: Google)

JAKARTA (Floresku.com)  - Kekinian, Google akan memberi tahu penggunanya ketika informasi pribadi pengguna termasuk informasi pribadi Anda muncul secara online. 

Hal itu, akan lebih mudah membuat informasi pribadi kita jadi terhapus. Tools baru ini dirilis dengan tujuan untuk memberi pengguna lebih banyak kendali atas informasi dan gambar atau foto Anda yang muncul secara online.

Aturan baru tentang gambar eksplisit pribadi berarti bahwa pengguna akan dapat meminta agar gambar eksplisit diri mereka dihapus dari hasil penelusuran. Hal itu juga melas ke situasi di mana seseorang telah dengan sengaja mengunggah sendiri konten eksplisit mereka lalu kemudian ingin menghapusnya dari hasil pencarian.

Kebijakan yang sama juga berlaku untuk informasi pribadi secara umum. Google tampaknya ingin membantu mempermudah pengguna untuk menemukan dan menghapus hasil pencarian tentang diri mereka sendiri.

Google akan meluncurkan dashboard baru yang akan memberi tahu pengguna jika hasil web dengan informasi kontak mereka muncul di hasil pencarian. Dashboard baru tersebut dibangun di atas alat ‘Results about you’ Google yang telah diluncurkan tahun lalu dan memudahkan pengguna untuk meminta agar informasi tersebut dihapus dari hasil pencarian. Informasi yang dimaksud bisa berisi nomor telepon, alamat rumah, atau email Anda. Dengan adanya dashboard baru ini, Anda dapat dengan cepat meminta penghapusan informasi kontak atau pribadi Anda dari Google.

Anda dapat mengakses alat ini di aplikasi Google dengan klik foto akun Google Anda lalu pilih ‘Results about you’. Tools tersebut saat ini tersedia di Amerika Serikat dalam bahasa Inggris tapi Google sedang berupaya untuk segera menghadirkannya ke daerah dan bahasa yang baru.

Sebelumnya, pada awal tahun ini Google telah meluncurkan perlindungan yang membantu melindungi seseorang agar tidak sengaja menemukan foto eksplisit di hasil pencarian. Dengan pembaruan ini, foto eksplisit seperti konten dewasa atau kekerasan dan vulgar kini diburamkan secara default saat muncul di hasil Penelusuran atau Search. Setelan pemburaman hasil SafeSearch ini telah diluncurkan untuk semua pengguna secara global bulan ini. Anda dapat menyesuaikan setelan ini dan menonaktifkannya kapan saja, kecuali jika wali atau administrator jaringan sekolah Anda telah mengunci setelan tersebut.

Meski Google telah mengizinkan pengguna untuk menghapus foto eksplisit nonkonsensual dari hasil pencarian, Google sekarang mengizinkan pengguna menghapus konten eksplisit yang mereka unggah sendiri. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa menghapus konten dari Google Search tidak akan menghapusnya dari web atau mesin pencari lainnya. Namun, Google berharap perubahan ini akan membuat pengguna lebih mampu mengontrol informasi pribadi yang muncul di hasil pencarian.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 13 Aug 2023 

Editor: MAR
Tags googleBagikan

RELATED NEWS