Hari Ini Erupsi Gunung Api Lewotobi Laki-Laki Terjadi dengan Durasi Cukup Panjang

redaksi - Sabtu, 06 Januari 2024 16:20
Hari Ini Erupsi Gunung Api Lewotobi Laki-Laki  Terjadi dengan Durasi Cukup PanjangGunung Lewotobi Laki-laki mengeluarkan asap dan debu vulkanik sepanjang hari Sabtu, 6 Januari 2024. (sumber: Mardat)

LARANTUKA (Floresku.com) --Erupsi Gunung Api Lewotobi Laki-laki kembali meningkat dengan durasi yang cukup panjang hari ini,  Sabtu 6 Januari 2024. 

Tercatat, erupsi berlangsung  dari pukul 04:00 hingga pukul 15:00 Wita.

Ketua Tim Tanggap Darurat Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Pos Pemantau Purulera kepada media Floresku.com menjelaskan Gunung Lewotobi Laki-laki kembali erupsi.

“ Erupsi kembali terjadi dari subuh tadi sekitar pukul 04.00 Wita dan terlihat gempa letusan. Amplitudo dan durasinya signifikan cukup panjang sampai pukul 06.00 pagi tadi. Amplitudo masih signifikan hingga saat ini,” kata Iing Kusnadi, siang tadi.

Iing Kusnadi mengatakan, letusan atau erupsi itu terlihat dari tiga titik, yakni kawah utama, rekahan bagian barat laut utara dan rekahan bagian tenggara selatan. Pada tiga titik itu, semua keluar asap tebal dan abu vulkanik.

“Abu sangat tebal. Kelihatan angin lemah sehingga abu terbawah ke atas dan terlihat setinggi 1.500 meter dari puncak kawah,” katanya.

Meski erupsi lagi, kata Iing Kusnadi status Gunung Lewotobi Laki-laki masih tetap Level III Siaga.

Pihaknya tetap merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki – laki dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan.

Juga 4 km dalam arah barat laut utara dan selatan-tenggara dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki.

Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Pantauan media ini di beberapa desa terlihat sepi dan tertutup oleh abu vulkanik. (Mardat). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS