Hari Ini Garda NTT Kirim 10 Ton Bansos dari Para Donatur Melalui Lanud Halim Perdana Kusuma ke NTT

redaksi - Kamis, 22 April 2021 13:36
Hari Ini Garda NTT Kirim 10 Ton Bansos dari Para Donatur Melalui Lanud  Halim Perdana Kusuma ke NTTBberapa anggota Garda NTT di depan tumpukan bansos hangar Lanud Halim, sesaat banso itu diterbangkan ke NTT (Foto: Marlin Bato) (sumber: null)

JAKARTA (Floresku.com) - Genta Patriot Muda Nusa Tenggara Timur (Garda NTT) bekerja sama dengan  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  mempercepat proses  pendistribusian bantuan sosial (bansos)  sebanyak 10 ton agar segera tiba di tangan masyarakat yang terdampak badai siklon Seroja dua pekan silam. 

Bansos yang dihimpun Garda NTT dari berbagai daerah di Jawa  tersebu diberangkatkan melalui landasan udara Halim Perdana Kusuma pada Kamis, 22 April 2021.

“Kami hanya sebagai perpanjangan tangan orang-orang baik di Jakarta, Tangerang  Bogor, Palembang, hingga Malang danYogyakarta. Orang-orang berhati baik itu telah mengirimkan banyak barang kebutuhan harian  ke posko Garda NTT.  Bansos itu mencapai mencapai 10 ton beratnya,” ujar Ebiet, ketua Garda NTT. 

Sementara itu Sekretataris Garda NTT Marlin Bato menerangkan, bansos yang terhimpun berupa pakaian, minyak goreng, air minum kemasan, obat-obatan, sabun mandi, sampoo, susu bayi, susu dancow, pembalut wanita, indomie, beras, selimut, pampres bayi, kue kering, masker serta jilbab dan sajadah bagi keluarga muslim (terutama Adonara dan Lembata) agar mereka bisa menjalankan puasa dan idulfitri ditengah pengungsian dengan penuh hikmat. 

“Bantuan ini akan didistribusikan ke lima kabupaten diantaranya; kabupaten Flores Timur wilayah Adonara, Kabupaten Lembata, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Kupang, Kabupaten Malaka,” ujarnya.

Menurut Marlin, masing-masing kabupaten yang terdampak bencana akan menerima bantuan sebanyak kurang lebih dua ton. Sementara untuk Kabupaten Sumba Timur dan Rote Ndao yang juga terdampak bencana tak bisa kami akses sebab tidak ada tim relawan kami yang bisa menjangkau wilayah itu. 

“Dengan demikian kami hanya fokus di lima wilayah di atas yang memang sudah ada tim lapangan,” kata Marlin lagi. 

Marlin menyampaikan bahwa masyarakat yang terdampak yang belum mendapat bantuan bisa menghubungi nama-nama koordinator sebagai berikut:
1. Choky Askaratulela (081225211916)
Kabupaten Lembata
Alamat: Jln Wonga Toa Utara Barat ( Perempatan) Madrasah Alian Darusalam. Rt 034. Rw. 12, Kelurahan Selandoro Kecamatan Nubatukan. Kabupaten Lembata.
2. Valentinus Igo Wutun (081289105757)
Kabupaten Flotim
Rt 01/ Rw 01 Desa Oyangbarang - Kecamatan Wotanulumado Adonara Barat
3. Echong Parera (082339692211)
Kabupaten Sabu Raijua
Jl. Eltari-Diagama, Dusun 2, Desa Roboaba, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua
4. Beka (081388327246)
Kabupaten Kupang dan Kabupaten Malaka
Kelurahan Naikolan Kecamaatan Maulava, Jln Sonbai Samping Kuburan Umum Oepura

Atas nama Garda NTT,  lanjut Marlin'  “kami ingin memastikan ketulusan dan kebaikan hati para donatur ini menjadi secercah harapan sekaligus menjadi makna hidup bagi mereka yang terdampak. Melalui media ini, kami  juga menyampaikanterimakasih yang sangat dalam kepada mereka yang telah menyumbang atas nama kemanusiaan.”

“Tak lupa, kami juga ingin menyampaikan rasa terimakasih luar biasa kami kepada Kepala BNPB dan Petinggi TNI serta para petugas Landasan Udara Halim Perdana Kusuma yang telah memfasilitasi bantuan ini ke lokasi-lokasi bencana di Nusa Tenggara Timur.” (SP/MLA)

RELATED NEWS