Hari Peduli Sedunia 2024: Ketahui Tanggal, Sejarah, dan Maknanya

redaksi - Jumat, 07 Juni 2024 10:09
Hari Peduli Sedunia 2024: Ketahui Tanggal, Sejarah, dan MaknanyaMenyatukan tangan sebagai simbol kepeduliaan. (sumber: ndtv.com)


JAKARTA (Floresku.com) - Hari Peduli Sedunia didedikasikan untuk merayakan dan mempromosikan tindakan kebaikan, kasih sayang, dan kepedulian di seluruh dunia.

Setiap tahun pada tanggal 7 Juni, kita merayakan Hari Peduli Sedunia. Ini adalah kesempatan untuk merefleksikan bagaimana empati dan kebaikan dapat menciptakan komunitas yang lebih kuat dan lebih bermanfaat.

Hari ini bertujuan untuk menginspirasi gelombang kepedulian, di mana setiap orang mengambil tindakan untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang lain. 

Hal ini dapat membantu membangun dunia yang lebih terhubung dan saling memahami. Hari Peduli Sedunia berjalan seiring dengan upaya lain untuk meningkatkan kesehatan mental, mendukung komunitas lokal, dan memberikan bantuan kemanusiaan.

Kapan Hari Peduli Sedunia 2024

Hari Peduli Sedunia diperingati setiap tanggal 7 Juni. Hari ini didedikasikan untuk merayakan dan mempromosikan tindakan kebaikan, kasih sayang, dan kepedulian di seluruh dunia.

Sejarah Hari Peduli Sedunia

Meskipun awal mula Hari Peduli Sedunia masih belum jelas, kemungkinan besar hal ini berakar pada meningkatnya kesadaran tentang bagaimana kasih sayang dan empati dapat membuat komunitas kita lebih kuat.

Konon Hari Peduli Sedunia adalah sebuah inisiatif dari organisasi nirlaba Caring Bridge yang mendorong semua orang untuk menghargai mereka yang peduli. Serta merawat mereka sama banyaknya. 

Dengan sikap tulus menanyakan bagaimana hari seseorang berjalan, itu menunjukkan bahwa kita peduli. Hal tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan orang itu secara keseluruhan.

Dari laman resminya, Hari Peduli Sedunia terinspirasi oleh sebuah peristiwa dengan kehidupan sembilan hari seorang bayi bernama Brighid yang lahir pada 7 Juni 1997. Brighid merupakan bayi perempuan dari JoAnn Hardegger dan Darrin Swanson yang tiga bulan prematur.

Dibuatlah sebuah situs untuk menggalang dana bantuan bayi prematur Brighid itu. Situs yang dibuat Sona menerima 1.000 klik dalam satu minggu. 

Sayangnya, setelah perjuangan 9 hari, bayi Brighid meninggal dalam operasi. Sona menerima donasi pertama untuk mendukung layanan gratis ini.

Kemudian Sona memposisikan ulang perusahaan IT-nya, Beacon Point Technologies, untuk memasukkan CaringBridge, yang awalnya dikenal sebagai Patient Internet Link. Pada akhir tahun 1997, ada 50 situs pribadi yang memiliki 4.900 kunjungan.

Situs tersebut kemudian semakin berkembang. Bahkan pada akhir tahun 2001, ada 3.800 situs web pribadi dengan 372.400 kunjungan. 

Signifikansi Hari Peduli Sedunia

Hari Peduli Sedunia menyoroti dampak kuat dari kepedulian dan kasih sayang dalam membangun dunia yang lebih baik. 

Hal ini mendorong tindakan kebaikan dan pengertian, menciptakan efek riak yang memperkuat komunitas dan menumbuhkan masyarakat yang lebih berbelas kasih secara keseluruhan.

Hari Peduli Sedunia memberikan kesempatan berharga untuk terlibat dalam tindakan pelayanan yang bermakna dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kasih sayang dalam komunitas kita. 

Pada hari ini, masyarakat menyumbangkan keterampilan dan pengetahuannya dengan menjadi sukarelawan di organisasi masyarakat setempat, tempat penampungan, atau lembaga amal. (Silvia)

RELATED NEWS